Emil Dardak Diusulkan Tim Kiai Jadi Wakil Khofifah di Pilgub

Administrator - Selasa,21 November 2017 - 20:58:13 wib
Emil Dardak Diusulkan Tim Kiai Jadi Wakil Khofifah di Pilgub
Bupati Trenggalek Emil Dardak disetujui oleh Partai Demokrat untuk jadi cawagub Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim. Ant/Cnni

Jakarta: Ketua Tim 17 yang menyeleksi calon wakil gubernur untuk Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim mengakui merekomendasikan Emil Dardak. Bupati Trenggalek itu juga sudah disetujui Partai Demokrat sebagai salah satu parpol yang mengusung Khofifah untuk Pilkada tahun depan.

 

"Pasangan itu sudah disepakati," kata Ketua Tim 17 Salahuddin Wahid kepada wartawan, Selasa (21/11).

 

Khofifah turut didampingi anggota Tim 17 saat bersama Emil bertemu Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Soekarwo untuk menerima surat rekomendasi.

 

"Sudah ditandatangani rekomendasi untuk pasangan calon itu," kata Gus Solah, sapaan Salahuddin.

 

Ia menilai, duet ini adalah pasangan ideal yang bisa diandalkan di Pilkada Jatim. Khofifah merupakan sosok berpengalaman di berbagai bidang, sedangkan Emil merupakan tokoh muda cerdas.

 

Langkah selanjutnya, kata Gus Solah, Tim 17 yang terdiri dari para kiai Jatim, akan mengonsolidasikan pasangan Khofifah dan Emil kepada partai politik pendukung lainnya, seperti NasDem, Golkar, Hanura, dan PPP.

 

Dia melanjutkan, proses konsolidasi akan memakan waktu, terutama konsolidasi dengan Partai Golkar yang saat ini tengah dirundung masalah internal.

"Kami paham tidak mungkin terburu-buru," katanya.

 

Sementara itu, terkait dengan status Emil yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gus Sholah menolak berkomentar banyak. Ia mengatakan, konsolidasi dengan partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut menjadi urusan Emil pribadi.

 

"Itu urusan Emil, bukan urusan kami. PDIP kan sudah pasti usung Saiful dan Anas (Saifullah Yusuf-Azwar Anas )," ujar dia.

 

Sebelumnya, Khofifah yang saat ini menjabat Menteri Sosial telah menegaskan akan mencalonkan diri sebagai Cagub di Pilkada Jatim tahun 2019. Sejumlah partai dikabarkan berencana mendukungan Khofifah, di antaranya Golkar, NasDem, Demokrat, dan PPP.

 

Sementara Emil yang kini menjabat Bupati Trenggalek juga dikabarkan berhasrat maju sebagai Wagub. Ia dikenal sebagai sosok yang potensial di tengah usianya yang terbilang muda.

 

sur/cnni/RR