KPK Minta Dukungan Masyarakat 'Lawan' Novanto di KTP-el

Administrator - Jumat,10 November 2017 - 19:26:05 wib
KPK Minta Dukungan Masyarakat 'Lawan' Novanto di KTP-el
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. MI/Mtvn

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta semua pihak mendukung upaya pemberantasan korupsi di tanah air. Terpenting, mendukung langkah KPK menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka korupsi KTP elektronik (KTP-el).

 
"KPK berharap seluruh pihak dapat mendukung upaya pemberantasan korupsi," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada awak media di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat 10 November 2017.

 

Saut menekankan, permintaan dukungan dari masyarakat ini bukan untuk kepentingan KPK semata. Menurutnya, dukungan dari berbagai elemen masyarakat diperlukan dalam pemberantasan korupsi. Tujuannya, membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.


 
"Untuk memastikan Indonesia yang lebih baik bagi anak cucu kita," kata Saut.


 
KPK resmi kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el. Novanto diduga telah menguntungkan diri sendiri dan korporasi dari megaproyek tersebut.

 

Novanto bersama dengan Anang Sugiana Sudiharjo, Andi Agustinus alias Andi Narogong dan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto diduga kuat telah merugikan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun dari proyek KTP-el tersebut.


 
Atas perbuatannya, Novanto dijerat Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 

Fzn/Mtvn