Southampton, Klub Ketujuh Inggris Dimiliki Perusahaan China

Administrator - Selasa,15 Agustus 2017 - 18:32:49 wib
Southampton, Klub Ketujuh Inggris Dimiliki Perusahaan China
Southampton 80 persen sahamnya kini dimiliki perusahaan asal China Lander Sports Development.Reuters Pic/ Hannah McKay/Cnni
Jakarta: Klub Liga Primer Inggris, Southampton, resmi menjadi klub ketujuh asal Inggris yang dibeli perusahaan asal China. Perusahaan asal China, Lander Sports Development, resmi membeli 80 persen saham The Saints, Senin (14/8).
 
Negosiasi antara Southampton dengan Lander Sports Development sudah berlangsung sejak 12 bulan terakhir. Pada November 2016, negosiasi sempat menemui jalan buntu setelah melakukan negosiasi panjang selama enam pekan.
 
Dikutip dari The Guardian, setelah kembali melakukan negosiasi dengan pemilik klub, Katharina Liebherr, Lander Sports akhirnya resmi membeli 80 persen saham Southampton. Liebherr akan menguasai 20 persen saham sisanya.
 
“Saya sangat senang dan merasa terhormat bisa menjadi rekan Southampton bersama Katharina, yang bersama ayahnya (Markus), sudah membawa klub ini tumbuh dan meraih sukses,” ujar pemilik Lander Sports Development, Jisheng Gao.
 
Lander Sports Development merupakan bagian dari perusahaan Lander Holdings yang dibangun Gao pada 1995. Awalnya Lander Holdings fokus pada bisnis properti, dan baru beberapa tahun terakhir mengubah fokusnya ke investasi olahraga.
 
Gao mengubah perusahaan Lander Real Estate Company Ltd menjadi Lander Sports Development Company Ltd pada pertengahan 2016. Sejak saat itu, pengusaha 65 tahun itu fokus pada bisnis investasi olahraga.
 
Sementara itu dikutip dari City AM, Southampton menjadi klub ketujuh asal Inggris yang sahamnya dikuasai perusahaan China setelah West Bromwich Albion, Aston Villa, Birmingham, Reading, Wolverhampton Wanderers, dan Northampton.
 
Liebherr sendiri memastikan tidak akan pernah meninggalkan Southampton sepenuhnya. Liebherr juga meminta seluruh stafnya di Southampton membantu Gao.
 
“Dengan senang saya mengumumkan rekan kerja baru untuk klub kita sudah diputuskan. Setelah melalui negosiasi, kita akan memasuki kerja sama dengan keluarga Gao, dan saya tidak sabar meraih hasil bersama-sama,” ujar Liebherr.
 
bac/cnni