Tumpahkan Minyak di Laut Dumai

Walikota Zulkifli AS Dukung Proses Hukum PT Nagamas

Administrator - Selasa,01 Agustus 2017 - 21:08:20 wib
Walikota Zulkifli AS Dukung Proses Hukum PT Nagamas
Walikota Zulkifli AS Dukung Proses Hukum PT Nagamas. Rtc Pic

Dumai: Walikota Dumai akhirnya memberikan suara terkait kasus tumpahan minyak kelaut milik PT Nagamas. Walikota mendukung proses hukum yang berlaku untuk perusahaan.

Walikota Dumai Zulkifli AS menyerahkan kasus tumpahan minyak jenis stearin milik PT Nagamas Palmoil Lestari hingga akhirnya menyebabkan pencemaran lingkungan ke aparat penegak hukum.

"Saya berharap kejadian ini tidak terulang. Mari kita kawal kasus ini dengan tuntas. Sebab kasus ini sudah ditangani aparat penegak hukum," katanya saat menghadiri pertemuan di Pelindo I Cabang Dumai, Selasa (1/8/17).

Walikota Dumai juga mengapresiasi aksi yang dilakukan masyarakat Aksi Peduli Lingkungan, memperjuangkan kondisi daerahnya yang kerap tertimpa musimbah tumpahan minyak dalam beberapa hari belakangan ini.

"Siapa yang ingin tumpahan minyak ini terjadi. Tapi kita patut memberikan apresiasi kepada Aksi Peduli Lingkungan. Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini mendapat solusi dan kejadian seperti ini tak berulang-ulang," tegasnya.

Disisi lain, Rahmad, Orator I Aksi Peduli Lingkungan menjabarkan beberapa poin tentang kurang maksimal kinerja KSOP Dumai dan Pelindo Dumai, terhadap penanganan setiap insiden tumpahan minyak di laut Dumai.

"KSOP selaku regulator kami nilai belum bekerja secara maksimal. Masa ada tumpahan minyak pengambilannya saja menggunakan ember, tangguk ikan, apa seperti ini SOPnya," tegas Rahmad.

Kemudian mengenai PT Pelindo I Cabang Dumai selaku pemilik kawasanan atau Operator, juga selalu lepas tangan dan membiarkan perusahaan industri setiap ada insiden tumpahan minyak di laut Dumai.

"Pelindo Dumai jangan lepas tanganlah, kita lihat alat Sarana dan Prasarana yang mandatory yang di syaratkan oleh regulasi juga tidak ada diberikan kepada pemilik kawasan," beber Rahmad dalam pertemuan itu.

rtc/had