Video Lady Di Klaim Charles Selingkuh Bakal Rilis di Inggris

Administrator - Selasa,01 Agustus 2017 - 21:01:29 wib
Video Lady Di Klaim Charles Selingkuh Bakal Rilis di Inggris
Sebuah video berisi pengakuan Putri Diana bahwa Pangeran Charles selingkuh akan tayang perdana kali di Inggris jelang peringatan dua dekade kematian Lady Di. AFP Pic / Diego ZAPATA/Cnni

Jakarta: Sebuah rekaman berisi pengakuan mendiang Putri Diana soal pernikahannya dengan Pangeran Charles yang kandas bakal ditayangkan perdana di Inggris, guna memperingati dua dekade kepergian ibu Pangeran William dan Harry itu.

Diberitakan AFP, jelang ulang tahun kematian Lady Di ke-20 pada akhir Agustus ini, Channel 4 akan menyiarkan episode Diana: In Her Own Words pada 6 Agustus mendatang. Meski, saudara Diana, Earl Charles Spencer dikabarkan tidak senang akan rencana penayangan tersebut.

Dalam cuplikan yang telah dirilis, rekaman itu menunjukkan Putri Diana curhat kepada pelatih vokalnya soal masalah dalam rumah tangganya bersama Pangeran Charles.

Diana mengakui pernikahannya dengan Charles minim kasih sayang dan cinta, dan menyinggung sang suami telah berselingkuh dengan Camilla Parker Bowles yang kini menjadi istri sah putra Ratu Elizabeth II tersebut.

Rekaman itu juga menunjukkan kisah Diana berupaya melawan bulimia, serta cerita percintaannya dengan sosok pria misterius yang diduga adalah pengawalnya sendiri, Barry Mannakee. Mannakee sendiri tewas akibat kecelakaan motor.

“Saat usia 24, saya amat jatuh cinta dengan seseorang yang terlibat dengan semua ini dan saya itu semua terbongkar dan dia kemudian terbunuh. Dan saat itulah jadi pukulan terbesar dalam hidup saya,” kata Diana dalam rekaman tersebut.

Rekaman tersebut sebenarnya pernah tayang di Amerika Serikat pada 2004 dan tersedia secara daring, namun belum pernah tayang di Inggris.

Atas konten yang bersifat skandal, Channel 4 menyebut bahwa rekaman tersebut adalah sumber sejarah yang penting dan tetap mempertahankan keputusan menayangkan rekaman fenomenal itu.

“Meskipun rekaman itu dibuat secara pribadi, subjek yang dibahas adalah bagian dari masalah publik dan menyediakan sebuah wawasan unik tentang persiapan Diana merebut suara publik,” kata media tersebut dalam pernyataannya.

“Potret unik Diana ini memberikan dia suara dan tempat di depan dan pusat perhatian ketika Inggris mengenang kehidupan dan kematiannya,” lanjutnya.

Rekaman tersebut dibuat sekitar 1992 dan 1993 di kediaman Diana, Kensington Palace oleh pelatih vokalnya, Peter Settelen. Video tersebut dibuat di kala Diana ‘pisah ranjang’ dengan Charles.

William dan Harry Tak Ingin Lihat

Ada 12 rekaman yang diketahui dibuat semasa Diana curhat soal masalah rumah tangganya tersebut. Tujuh di antaranya ditemukan saat polisi menggerebek rumah kepala pelayan Diana, Paul Burrell pada 2001 silam. Lima sisanya, tidak diketahui.

Settelen pun berjuang mendapatkan pengakuan hukum atas video yang telah ditemukan. Namun pengacara Settelen, Marcus Rutherford mengaku kliennya tak ingin video itu dilihat siapa pun.

“Namun kini, jelang perayaan 20 tahun, bersama semua orang, termasuk anak-anak Diana sendiri, mendiskusikan Diana dan mengenang kembali kehidupannya, Settelen menginginkan Diana berbicara atas namanya sendiri,” kata Rutherford saat diwawancara The Sunday Telegraph.

Namun penulis biografi Keluarga Kerajaan, Penny Junior mengatakan kepada surat kabar itu bahwa anak Diana, William dan Harry, tak ingin rekaman itu tersiarkan kembali. Menurut keduanya, rekaman tersebut amat menyakiti perasaan mereka.

“Penyiaran itu hanya bentuk lain dari eksploitasi Diana,”kata Junior.

Tanggapan senada juga keluar dari sahabat Diana, Rosa Mockton. Ia dengan gamblang menyebut ‘jijik’ melihat rekaman tersebut akan ditayangkan secara luas.

“Seberapa mengganggu kah ini?” kata Mockton. “Pikirkan luka yang mereka sebabkan kepada keluarga Diana, kepada anak-anak mereka,”

end/cnni