Wakil Bupati buka PENTAS PAI perdana di Siak

Administrator - Sabtu,29 Juli 2017 - 15:06:10 wib
Siak: Wakil Bupati Siak H Alfedri membuka secara langsung Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tingkat kabupaten siak tahun 2017, bertemakan " Membangun karakter siswa yang berakhlakul karimah dalam mempersiapkan masa depan katakter bangsa di Lapangan Siak Bermadah, Sabtu (29/7/17).
 
Kegiatan perdana yang ditaja oleh Kementerian Agama Kabupaten Siak itu dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan H Lukman, Kakan Kemenag Siak Muharrom, Kepala UPTD Pendidikan se Kab.Siak, serta ratusan peserta kompetisi.
 
Panitia Pelaksana Kegiatan Resman Junaidi melaporkan, pelaksanaan kegiatan berdasarkan peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.Dj.I/12A/2009 tentang penyelenggaraan kegiatan ekstrakulikuler pendidikan agama islam pada sekolah, dan berdasarkan keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Siak No.179 Th.2017 tentang panitia, dewan juri, koordinator kecamatan dan peserta pekam keterampilan dan seni tingkat kab.siak Th. 2017.
 
Dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini lanjutnya, adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada allah swt, meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran islam dan dapat diamalkan kedalam kehidupan sehari-hari, membuat tolak ukur keberhasilan pembinaan pendidikan agama islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan agama islam, mempererat ukhuwah islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan bangsa di kalangan siswa, serta menumbuh kembangkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang keterampikan dan seni PAI.
 
Sementara Wabup dalam sambutannya menyebutkan, Pemkab Siak sangat mengapresisai kegiatan ini serta ucapan selamat kepada pelaksana atas penyelenggaraan kegiatan.
 
"Atas nama pemkab siak kami sangat mengapresiasi dan ucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahim para peserta antar kecamatan, dan bagi yang mengikuti ajang ini nantinya dapat membawa nilai-nilai semangat Islam ke tempat sekolah mereka menuntut ilmu, serta mampu menjadi insan-insan pemimpin bangsa masa depan yang menghiasi diri dengan akhlaqul karimah" sebutnya.
 
Tidak lupa mantan ketua BAZNAS Siak ini meminta kepada peserta untuk senantiasa selalu berdoa, belajar dengan baik dan bersungguh sungguh serta hindari penyalahgunaan narkoba.
 
"Semua ilmu datang dari Allah, dengan selalu berdoa dan belajar bersungguh sungguh semoga dalam mengikuti lomba ini bermunculan anak anak terbaik kab.siak yang mewakili propinsi riau nanti, dan dapat mengikuti di tingkat nasional yang diselenggarakan di aceh pada oktober mendatang" pungkasnya.
 
Peserta dalam kegiatan ini adalah Siswa SD, SMP, dan SMA se Kabupaten Siak dengan 8 cabang perlombaan diantaranya, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) Lomba Pidato, Cerdas Cermat, Kaligrafi, Debat PAI, Nasyid dan Kreasi Busana. 
 
Kegiatan diadakan seharian penuh dimulai dari pagi s/d selesai, dilaksanakan pada tempat di 14 titik yang sudah ditentukan dan diikuti 12 kecamatan se kabupaten siak. 2 kecamatan yang tidak ikut serta dalam kegiatan ini yakni kecamatan minas dan sungai mandau.
 
Hms/Rls