Stan Lee Raih Penghargaan dari Hollywood

Administrator - Rabu,19 Juli 2017 - 21:32:43 wib
Stan Lee Raih Penghargaan dari Hollywood
Stan Lee, sosok di balik 90 persen karakter Marvel, dapat penghargaan dari Hollywood atas kiprah dan pengaruhnya dalam budaya pop selama lebih dari 50 tahun. REUTERS Pic/Mario Anzuoni/cnni
Jakarta: Komikus legendaris Marvel, Stan Lee mendapatkan penghargaan dari Hollywood atas dedikasi dan pengaruhnya pada dunia hiburan sekaligus budaya pop lebih dari setengah abad.
 
Diberitakan AFP, penghargaan untuk seniman Hollywood itu diberikan kepada Stan Lee dengan cara mencetak tangan dan kakinya di depan TCL Chinese Theater, Hollywood, Los Angeles.
 
Dalam momen bersejarah tersebut, komikus 94 tahun yang telah menciptakan komik Spider-Man, the Hulk, Iron Man, Captain America, dan Thor ini berkelakar meminta naik gaji andai ia mengetahui lebih dahulu karyanya akan sesukses saat ini.
 
“Saya adalah pria terberuntung di dunia karena memiliki banyak teman. Dan untuk menemukan teman yang tepat adalah segalanya, orang yang dapat diandalkan, orang yang memberitahukan yang sebenarnya bila Anda bertanya sesuatu,” kata Lee.
 
Ia mempersembahkan momen penuh kenangan itu untuk mendiang istrinya yang baru saja meninggal baru-baru ini di usia 93. Keduanya sudah menikah hampir tujuh dekade.
 
Meskipun Lee mendapatkan penghargaan dan penghormatan sebagai Legenda Disney dalam D23 Expo di Anaheim pada Jumat lalu, pekan ini menjadi momen berat bagi komikus itu. Ia masih berduka atas kepergian sang istri, namun harus tetap memberikan pidato dan menerima sambutan meriah.
 
Lahir sebagai Stanley Martin Lieber pada 28 Desember 1922 di New York, Stan Lee memulai karirnya pada 1939 sebagai asisten di Timely Comics dengan sejumlah pekerjaan ‘sepele’ seperti membelikan makan siang, mengisi tinta, dan sebagai pemindai kesalahan hasil cetak atau proofreading.
 
Karya pertamanya yang diterbitkan adalah sebagai pengisi teks untuk Captain Amerika No 3 yang tayang pada 1941.
 
Ia kemudian memilih nama Stan Lee sebagai nama pena dan kemudian disahkan secara hukum. Ia menyebut dalam otobiografinya, bahwa nama itu ia pilih demi menghasilkan lebih banyak karya.
 
Stan Lee ditetapkan sebagai editor sementara di Timely Comics pada 1941. Ia kemudian menjadi pemimpin redaksi yang kemudian berkembang menjadi Marvel Comics pada 1961, dan diangkat sebagai publisis pada 1972.
 
Lebih dari dua juta buku komik karya Lee telah diterbitkan di 75 negara dan dalam 25 bahasa. Selain itu, ia bertanggungjawab atas penciptaan atau ikut menciptakan 90 persen karakter Marvel Comics.
 
Karakter yang kini digandrungi banyak orang di dunia itu sudah ditampilkan dalam 24 serial televisi animasi dan banyak film live-action. 
 
end/cnni/rnn