Perluas Layanan Pembayaran: Strategi Tokopedia Kalahkan Rival

Administrator - Rabu,19 Juli 2017 - 21:28:34 wib
Perluas Layanan Pembayaran: Strategi Tokopedia Kalahkan Rival
Pembayaran digital menjadi cara Foto: Thinkstock Pic/Poike/cnni
Jakarta: Memperkuat layanan pembayaran tagihan digital adalah salah satu strategi Tokopedia untuk mengalahkan rival-rivalnya di Tanah Air. Hal ini disampaikan Amit Lakhota selaku Vice President Business Tokopedia. Menurutnya ini pembayaran tagihan digital adalah salah satu cara untuk membumikan layanan Tokopedia sehingga menjadi sangat lokal. 
 
"Strategi kami adalah menjadi selokal mungkin. Karena kami tahu bagaimana reaksi orang Indonesia, bagaimana mereka bekerja, yang mereka inginkan. Orang sini tidak punya kartu kredit,” imbuhnya. 
 
Ke depan, Tokopedia akan mengembangkan lebih banyak lagi peluang bisnis online, membeli, atau membayar kebutuhan sehari-hari. Misalnya layanan untuk membayar kartu kredit, berdonasi dan lainnya. 
 
COO Tokopedia Leonitus Alpha Edison juga mengatakan dalam waktu dekat Tokopedia juga akan meluncurkan layanan fintech lainnya. Namun, ia enggan menyebut lebih detil soal layanan yang akan diluncurkan tersebut. 
 
Melokalkan layanannya adalah cara Tokopedia bertahan dari kemungkinan gempuran e-commerce luar yang datang ke Indonesia. “Indonesia adalah negara keempat terbesar di dunia. Jadi kami sudah tidak kaget akan datangnya pemain baru nanti mungkin seperti Amazon, Alibaba dan lain sebagainya," jelas Amit.
 
Namun, saat ditanya berapa kontribusi layanan pembayaran digital, Amit Lakhota selaku Vice President Business Tokopedia enggan memberikan angka.
 
“Kami tidak bisa mengatakan angkanya tetapi perkembangnya cepat dalam 2 bulan terakhir. Kami adalah orang-orang pertama yang mengintegrasikan BPJS dan sekarang Telkom dengan IndiHome di online,” terang Amit.
 
TokoCash
 
Menyediakan dompet virtual seperti TokoCash adalah strategi lain dari Tokopedia. TokoCash diharapkan bisa memudahkan pengguna melakukan pembayaran belanja online dan tagihan mereka. Tokopedia menyebutkan bahwa layanan ini untuk memudahkan pengguna yang tidak memiliki rekening bank dan kartu kredit.
 
Leonitus menjelaskan mereka yang tak memiliki rekening bank bisa menambah saldo TokoCash mereka melalui toko retail seperti Alfamart dan Indomaret. Sementara, mereka yang tak memiliki kartu kredit, ke depan bisa memanfaatkan TokoCash untuk pembayaran belanja di Tokopedia. 
 
Sekadar informasi, saat ini Tokopedia memang tengah memperluas layanan pembayaran digitalnya. Pengguna kini bisa membayar tagihan listrik, telepon, BPJS, donasi, langganan layanan streaming hingga pulsa. Sementara Bukalapak tengah gencar memperluas layanan investasi bagi penggunanya, mulai dari reksadana hingga investasi emas. 
 
eks/cnni/rrn