Membedah Keamanan Baterai Galaxy Note 7 Rekondisi

Administrator - Jumat,14 Juli 2017 - 19:21:14 wib
Membedah Keamanan Baterai Galaxy Note 7 Rekondisi
Sebuah perusahaan reparsi membongkar baterai Galaxy Note 7 FE untuk membuktikan tingkat keamanannya. Dok.Twitter/SamsungMobile/Cnni
Jakarta: Samsung telah meluncurkan kembali Galaxy Note 7 sebagai Note 7 Fan Edition (FE) di Korea Selatan belum lama ini. Apa yang membedakannya dari Note 7 yang ditarik dari pasaran tahun lalu?
 
Sebuah perusahaan privat di California yang bergerak di bidang reparasi, iFixit, telah membedah Note 7 rekondisi untuk menemukan perbedaannya. Rupanya, tak ada yang berbeda sama sekali dari perangkat ini kecuali baterainya.
 
Melalui situs resminya, iFixit menerangkan bahwa baterai Note 7 FE memiliki ukuran serta kapasitas yang lebih kecil.
 
Ukuran baterai baru FE 9 persen lebih kecil dengan dimensi 37.4 x 97.2 x 4,9 mm sementara baterai orisinilnya berukuran 37.9 x 97.8 x 4.9 mm.
 
Baterai baru juga lebih ringan dari Note 7. Baterai Galaxy Note 7 rekondisi memiliki bobot 2,3 gram lebih ringan dari baterai versi orisinilnya.
 
Soal clock baterai, iFixit menemukan penurunan dari 13.48 Wh ke 12.32 Wh. Ukuran ini membuatnya mirip dengan iPhone 7 Plus (11.1 Wh), hal itu dilakukan kabarnya untuk meningktkan jamin keamanan perangkat.
 
Selain itu, mengutip The Verge, satu-satunya perubahan lain pada perangkat keras Note FE adalah pola antena yang dianggap iFixit memang sesuai dengan jaringan telekomunikasi di Korea Selatan. Hal ini masuk akal, mengingat FE hanya tersedia di negara asalnya.
 
Sekadar informasi, 2,5 juta unit Samsung Galaxy Note 7 ditarik pada September 2016 karena masalah anomali baterai yang membuatnya mudah meledak. Insiden tersebut menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp65,5 triliun. 
 
evn/cnni/rrn