'Praying' Jadi Jurus Kesha Temukan Kedamaian Diri

Administrator - Jumat,07 Juli 2017 - 20:21:24 wib
'Praying' Jadi Jurus Kesha Temukan Kedamaian Diri
Kesha kembali dengan karya musik terbaru setelah vakum selama empat tahun. David McNew Pic/Cnni

Jakarta: Setelah empat tahun, Kesha menandai kembalinya dia ke industri musik lewat lagu Praying beserta sebuah video musik. Lagu yang diproduseri Ryan Lewis ini menjadi karya perdana sejak pertarungan hukum dengan mantan produsernya, Dr. Luke.

Dalam surat berita Lena Dunham, Kesha mengatakan bahwa Praying menjadi lagu perdananya setelah empat tahun. Ia mengaku menyalurkan rasa putus asa dan tekanan yang begitu berat lewat lagu itu.

Namun dia juga mengaku berhasil melewati rintangan itu dan menemukan kekuatan dalam dirinya, meski dalam keadaan sangat sulit.

"Lagu ini tentang merasakan empati untuk seseorang, sekalipun mereka menyakiti atau menakuti Anda. Ini adalah sebuah lagu soal belajar menjadi bangga akan diri sendiri, meski di titik rendah saat Anda merasa sendirian. Ini juga tentang mengharapkan semua orang, bahkan seseorang yang menyakiti Anda, untuk dapat sembuh,” katanya, dikutip dari Ace Showbiz.

Kesha juga menyebut Praying sebagai lagu tentang dirinya menemukan kedamaian, meski faktanya ia tidak dapat mengendalikan semuanya.

“Karena mencoba untuk mengontrol semua orang itu membunuh saya. Ini tentang belajar melepaskan dan menyadari bahwa dunia ini mengontrol nasib saya, bukan saya,” imbuhnya.

“Saya menyeret diri saya keluar dari tempat tidur dan menyalurkan emosi saya ke studio dan membuat karya seni dari [emosi] itu,” katanya.

Kesha berharap lagu ini bisa sampai pada orang-orang yang tengah berjuang, dengan memberitahu mereka bahwa tak peduli betapa buruk kondisinya sekarang, mereka pasti bisa melewatinya.

“Jika Anda memiliki cinta dan kebenaran di sisi Anda, Anda tidak akan pernah kalah. Jangan menyerah pada diri sendiri," ujarnya optimistis.

Sementara, dalam video klipnya, Kesha tampak berusaha mencari jati diri, mempertanyakan keadaannya hingga akhirnya menemukan apa yang ia butuhkan.

"Apakah saya sudah mati?" ucapnya mengawali video.

"Atau apakah ini salah satu mimpi itu? Mimpi mengerikan yang sepertinya berlangsung selamanya? Jika saya hidup, mengapa? Jika ada Tuhan atau sesuatu, entah dimana, mengapa saya ditinggalkan oleh semua orang, semua yang saya miliki?" ucapnya lirih.

Sebelum mulai bernyanyi, Kesha pun tampak putus asa dan memasrahkan diri untuk lebih baik mati.

"Tuhan, beri saya tanda, atau saya harus menyerah, saya tidak bisa melakukan ini lagi, tolong biarkan saya mati. Hidup sangat menyakitkan," katanya.

Cnni/Res/RRN