Alonso: Pengalaman Buat Saya Lebih Baik

Administrator - Jumat,30 Juni 2017 - 17:07:09 wib
Alonso: Pengalaman Buat Saya Lebih Baik
Fernando Alonso yakin dirinya adalah pebalap yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. REUTERS PIC/Brandon Malone/ Cnni

Jakarta: Fernando Alonso menyebut tingginya jam terbang yang ia miliki di dunia balap membuatnya kini berada dalam kondisi terbaik bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Alonso tak mampu bersaing dalam perburuan gelar juara dunia musim ini. Pebalap asal Spanyol itu baru mengoleksi dua poin dari delapan seri yang telah berlangsung musim ini.

Meski demikian, Alonso yakin penampilannya saat ini jauh lebih baik dibandingkan performa-performa di tahun sebelumnya.

“Saya rasa kalian tahu bahwa kalian bisa belajar banyak hal dalam perjalanan karier. Bila saya berlomba melawan diri saya 10-15 tahun lalu, maka mungkin saja saya sama cepatnya dengan saat ini. Namun dalam usia tersebut, saya bisa melakukan sejumlah kesalahan di beberapa sisi.”

“Beda halnya dengan sekarang karena saya tahu kapan harus agresif, kapan harus lebih tenang dan konservatif. Saya lebih tahu pasti tentang pitstop saat ini, teknik menghemat bahan bakar, teknik start, kualifikasi, hingga persiapan peilihan ban. Banyak hal yang dipelajari dan hal itu membuat seseorang jadi pebalap yang lebih baik,” kata Alonso seperti dikutip dari Crash.

Setelah Alonso jadi juara dunia F1 pada 2005 dan 2006 bersama Renault, Alonso masih tampil kompetitif di beberapa tahun berikutnya. Alonso tiga kali jadi runner up pada 2010, 2012, dan 2013 bersama Ferrari.

Keperkasaan Alonso baru luntur saat ia memutuskan bergabung dengan McLaren Honda pada 2015. Dalam dua musim sebelumnya, Alonso tak sanggup berbuat banyak dan harus puas duduk di posisi ke-17 (2015) dan 10 (2016).

RRN/cnni/ptr