George Lucas 'Bapak Star Wars' Punya Museum di Los Angeles

Administrator - Jumat,30 Juni 2017 - 16:54:58 wib
George Lucas 'Bapak Star Wars' Punya Museum di Los Angeles
Memorabilia Star Wars termasuk yang akan dipamerkan di museum George Lucas. REUTERS Pic/Kevork Djansezian/Cnni

Jakarta: Los Angeles bakal segera punya museum George Lucas, penggagas Star Wars.

Selasa (27/6) pemerintah Los Angeles menandatangani persetujuan atas rencana pembangunan museum senilai US$1,5 miliar atau hampir Rp20 triliun. Museum itu sendiri, mengutip The Hollywood Reporter, bakal diberi nama Lucas Museum of Narrative Art.

Wacana soal adanya museum itu sudah muncul sejak Januari lalu. Lucas sendiri yang mengumumkan bahwa ia memilih Los Angeles ketimbang kampung halamannya, San Francisco sebagai lokasi pendirian museumnya. Keputusan itu mengejutkan Los Angeles.

Tidak jelas apa yang menjadi alasan Lucas mematahkan proposal pendirian museum dari San Francisco dan Chicago. Yang jelas, museum itu adalah janji besar bagi Los Angeles.

Seperti diberitakan The Hollywood Reporter, pembangunan museum yang diperkirakan berjalan selama tiga bulan itu akan menghasilkan ribuan pekerjaan di bidang konstruksi. Belum lagi pekerjaan di dalam museum itu sendiri ketika sudah berdiri nantinya.

Museum itu rencananya dibangun di Exposition Park, dekat University of Southern California yang juga merupakan almamater Lucas. Pembangunan akan dimulai tahun ini.

Museum akan dibuat berlantai lima dan didesain oleh arsitek China Ma Yansong. Ia akan berdiri di atas lahan 2,8 hektare. Terdapat tiga bagian khusus di museum itu nantinya, yakni Sejarah Seni Bertutur, Seni Digital dan Seni Sinema. Sudah ada beberapa koleksi permanen yang direncanakan akan ditampilkan di Lucas Museum of Narrative Art itu.

Selain memorabilia Star Wars, museum itu juga memamerkan karya David Hockney dan Norman Rockwell. Lucas memang menekankan pentingnya mengabadikan seni bertutur.

“Ini adalah jenis seni yang sangat penting, dan itu terutama sangat penting bagi remaja,” kata Lucas saat menghadiri pertemuan bersama pemerintah Los Angeles bersama istrinya.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Lucas Museum of Narrative Art akan menjadi lembaga kelas dunia lain bagi lansekap budaya kota kita, dan membawa permata arsitektur yang memukau bagi Exposition Park.”

Ia mengaku bangga bisa bekerja dengan Lucas dan sang istri, Mellody Hobson.

RRN/Cnni/rsa