Gema #HBDAhok51 untuk Ahok Jadi Terpopuler di Twitter

Administrator - Jumat,30 Juni 2017 - 16:01:54 wib
Gema #HBDAhok51 untuk Ahok Jadi Terpopuler di Twitter
Warganet merayakan ulang tahun Ahok melalui Twitter. AFP Pic/Cnni

Jakarta: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bukan hanya merayakan ulang tahun di Mako Brimob, Kamis (29/6). Ia juga merayakan hari jadinya yang ke-51 di media sosial. Tagar #HBDAhok51 menduduki topik terpopuler Twitter sejak pagi tadi.

Warganet di Twitter beramai-ramai merangkai ucapan ulang tahun kepada mantan gubernur DKI Jakarta yang tengah tersandung kasus penistaan agama itu. Beragam ucapan disertai foto Ahok diunggah untuk memperingati hari kelahirannya.

Berbagai nama muncul untuk memberi ucapan selamat, mulai dari figur yang dikenal sebagai pendukung Ahok hingga warganet biasa. Ulin Yusron misalnya, yang melalui akun @ulinyusron menuliskan pesan agar Ahok tetap panjang umur.

Ulin yang dikenal di kalangan jurnalis, memang merupakan pendukung Ahok sejak lama.

Pendukung lain Ahok, Tsamara Amany tak kalah giat memberikan doanya kepada Ahok. Dalam tweet yang ia unggah, Tsamara bahkan menautkan serta sebuah tulisan rindunya kepada Ahok.

“Bagaimana kabarmu di sana, Pak Ahok? Saya percaya pasti Bapak baik-baik saja. Bagi seseorang yang tak takut mati dan bahkan percaya mati adalah keuntungan, penjara mungkin hanya bagian kecil dari perjuangan,” tulis mahasiswa yang terjun ke dunia politik itu.

Akun lainnya mengucapkan kata selamat dengan menyertai foto Ahok semasa mengabdi sebagai gubernur atau ketika mengenakan baju kotak-kotak khasnya saat berkampanye.

Bagi warganet, merayakan hari ulang tahun Ahok seperti merayakan Jakarta, yang 22 Juni lalu juga baru bertambah usia. Ahok dianggap identik dengan Jakarta meski baru memimpin sekitar tiga tahun menggantikan Joko Widodo yang menjadi presiden.

Beberapa orang menampilkan foto-foto wilayah Jakarta yang mendapat permak di masa kepemimpinan Ahok, untuk mengingat sang mantan pemimpin Belitung.

Ini merupakan pertama kalinya Ahok harus merayakan hari jadi di balik jeruji. Ahok mesti mendekam di balik jeruji setelah dianggap bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus penodaan agama. Dia divonis dua tahun penjara.

Hari ulang tahun Ahok sendiri hanya berselang sepekan dari ulang tahun kota Jakarta dan delapan hari dari ulang tahun Jokowi.

Cnni/Rsa