Menpora: Bangun Sarana Olahraga Harus Gotong Royong

Administrator - Rabu,28 Juni 2017 - 18:58:28 wib
Menpora: Bangun Sarana Olahraga Harus Gotong Royong
Menpora meminta peran semua pihak untuk membangun sarana olahraga di daerah. Ant Pic

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan pembangunan sarana olahraga di daerah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Imam berharap adanya gotong royong membangun sarana olahraga.

Imam meyakini sarana olahraga di Indonesia bisa merata hingga ke daerah. Namun, tugas untuk membangun sarana di daerah bukan hanya tugas Kemenpora semata.

“Sangat mungkin pembangunan sarana olahraga di daerah ditingkatkan. Tapi, ini harus ada partisipasi masyarakat, swasta, pemerintah daerah. Tinggal kita gotong royong,” ujar Menpora kepada CNNIndonesia.com.

Menpora mengatakan bukan hal mudah untuk meratakan pembangunan sarana olahraga hingga ke pelosok daerah di seluruh Indonesia. Masalah utama yang dihadapi adalah terbatasnya dana yang dimiliki pemerintah.

“Bahwa pemerintah pusat ada anggaran untuk revitalisasi, tapi tidak bisa meng-cover semuanya. Tapi dengan semangat yang sama, baik itu masyarakat di desa, kepala desa, atau swasta, atau dermawan, Insya Allah bisa,” ucap Menpora.

Selain sarana olahraga, Menpora mengatakan peran pemerintah daerah dan swasta juga diperlukan untuk memastikan kesejahteraan rakyat.

“Misalnya pemerintah pusat memperhatikan atlet yang pernah bertanding di SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade. Kalau atlet yang pernah bertanding di PON, atau kejuaraan nasional lainnya, itu tugasnya pemerintah daerah,” ucap Menpora.

“Itu artinya kami ingin memberi perhatian penuh kepada mantan atlet, tapi jumlahnya sangat besar, maka saya berharap ada berbagi peran,” sambungnya.

jun/cnni