Kisah Hamdan ATT Diselamatkan Respons Cepat Putrinya

Administrator - Rabu,28 Juni 2017 - 17:31:57 wib
Kisah Hamdan ATT Diselamatkan Respons Cepat Putrinya
Pedangdut Hamdan ATT dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Cnni Pic

Jakarta: Setelah dua malam dirawat di Ruang Perawatan Intensif (ICU), kondisi pedangdut Hamdan ATT mulai membaik. Keadaan Hamdan yang pembuluh darahnya pecah dan mendapat serangan jantung pulih relatif cepat berkat respons awal yang tepat dari anak perempuannya, Putri Soraya Attamimi.

Saat gejala muncul, perempuan berusia 25 tahun itu paham kondisi ayahnya kritis sehingga perlu segera ditangani dokter.

Dari penuturan lengkapnya kepada CNNIndonesia.com, Putri sadar ayahnya mengalami gejala stroke. Ia mendeteksinya dari sebagian tubuh Hamdan yang tak bisa bergerak.

"Waktu itu keadannya memang anggota badan sebelah kirinya ga bisa gerak, mukanya juga seperti mencong gitu," ucap Putri saat ditemui di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Melihat kondisi seperti itu, Putri tak mau ambil risiko. Ia segera memanggil dokter ke rumah untuk memeriksa ayahnya. Tak lama kemudian, Hamdan pun dilarikan ke ICU sesuai rekomendasi dokter.

"Ga pakai lama langsung dibawa ke RS, langsung check up semua dan dari hasil ketahuan ada pembuluh darah pecah," tutur Putri.

Ia bersyukur keputusan melarikan ayahnya ke RS sesegera mungkin berbuah tepat. Sebab dari hasil pemeriksaan, pembuluh darah yang pecah masih dalam taraf minimal.

Putri sendiri mengaku bahwa dirinya kebetulan seorang mahasiswa kedokteran sehingga ia cepat paham keadaan Hamdan sudah kritis.

"Kebetulan aku juga anak kedokteran, dan menurutku, 'wah ini ga bisa nih, harus dibawa ke ruma sakit'," kenangnya.

Kelelahan

Keluarga menyadari kondisi Hamdan memburuk ketika sang pelantun tembang Termiskin Di Dunia itu nyaris terjatuh usai mengambil wudu di kamar mandi. Melihat kondisinya yang lemas, ia dibaringkan di kamar tidur. Putri sempat memeriksa tekanan darah Hamdan dan hasilnya sangat tinggi.

Abah, begitu Putri memanggil ayahnya, diduga kelelahan. Sebab di hari ia jatuh sakit, ia sedang menjalani puasa Syawal.

Selain itu, Hamdan juga kerap berjalan kaki cukup jauh ketika hendak salat di masjid. Ia bersikeras jalan kaki meski anggota keluarganya menawarkan diri untuk mengantarnya ke masjid.

"Jadi memang sedikit susah dikasitahu, padahal ke masjid itu jalannya jauh banget. Mungkin kecapekan aja sih, karena ibadah, terus terlalu banyak aktivtitasnya pas ibadah dan ada syuting juga," pungkas Putri.

vws/cnni/rrn