GP Azerbaijan

Hamilton Rebut Pole, Mercedes Dominasi Kualifikasi

Administrator - Senin,26 Juni 2017 - 17:27:56 wib
Hamilton Rebut Pole, Mercedes Dominasi Kualifikasi
Lewis Hamilton merebut pole position ke-66 sepanjang kariernya di F1. Clive Mason/Getty Images/AFP Pic/Cnni

Jakarta: Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, merebut pole ke-66 sepanjang kariernya di Formula One (F1) setelah menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi GP Azerbaijan di Sirkuit Baku, Sabtu (24/6).

Mercedes mendominasi jalannya babak kualifikasi dengan Valtteri Bottas berada di posisi kedua. Dengan catatan waktu 1 menit 40,593 detik, Hamilton berhasil unggul 0,434 detik atas Bottas.

Ferrari yang sempat memberikan perlawanan di latihan bebas, justru tidak mampu berbuat banyak di babak kualifikasi. Bahkan Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel terpaut lebih dari satu detik dari catatan waktu terbaik Hamilton.

Max Verstappen menjadi pebalap Red Bull Racing tercepat dengan berada di posisi kelima setelah Daniel Ricciardo terpuruk di posisi kesepuluh. Ricciardo sempat mengalami kecelakaan di Q3 dan gagal menemukan kecepatan terbaik.

Dua pebalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon, tampil bagus dengan berada di posisi keenam dan ketujuh. Keduanya unggul atas duo Williams, Lance Stroll dan Felipe Massa.

Keberhasilan Hamilton merebut pole membuat pebalap asal Inggris itu melewati rekor Ayrton Senna yang mengoleksi 65 pole. Hamilton tinggal berjarak dua pole dari rekor yang dipegang Michael Schumacher.

“Setiap putaran yang saya lakukan semakin cepat dan cepat. Saya benar-benar senang,” ujar Hamilton kepada Formula One TV usai babak kualifikasi.

Musim lalu Hamilton gagal meraih podium di Sirkuit Baku yang menggunakan nama seri balapan GP Eropa. Start dari posisi kesepuluh, Hamilton hanya finis posisi kelima. Podium pertama direbut Nico Rosberg, disusul Vettel dan Perez.

Hasil kualifikasi GP Azerbaijan:

1. Lewis Hamilton     Mercedes    1 menit 40,593 detik     
2. Valtteri Bottas      Mercedes     0.434 detik
3. Kimi Raikkonen    Ferrari         1.100 detik
4. Sebastian Vettel   Ferrari         1.248 detik
5. Max Verstappen   Red Bull      1.286 detik
6. Sergio Perez        Force India  1.518 detik
7. Esteban Ocon      Force India  1.593 detik
8. Lance Stroll         Williams       2.160 detik
9. Felipe Massa       Williams       2.205 detik
10. Daniel Ricciardo    Red Bull    2.821 detik

Har/Cnni/RRN