'Produce 101' Puncaki Indeks Acara TV Populer Selama 9 Pekan

Administrator - Rabu,14 Juni 2017 - 18:09:02 wib
'Produce 101' Puncaki Indeks Acara TV Populer Selama 9 Pekan
Program audisi beken 'Produce 101' musim ke-dua telah merajai indeks acara televisi populer di Korea Selatan selama sembilan pekan berturut-turut. Screenshoot via Instagram @produce101_official/Cnni

Jakarta: Program audisi Produce 101 musim ke-dua telah merajai indeks acara televisi populer di Korea Selatan selama sembilan pekan berturut-turut.

Melansir Yonhap News, Produce 101 meraih 265,7 poin dalam Content Power Index (CPI). Skor tersebut menjadikan program gagasan stasiun televisi Mnet ini sebagai acara televisi paling populer dari 29 Mei hingga 4 Juni. Dengan demikian, program ini telah memuncaki indeks yang sama selama sembilan pekan.

Peringkat ke-dua indeks ini diduduki oleh drama buatan ulang film My Sassy Girl dengan 233,6 poin, diikuti oleh acara variety tvN bertajuk Dictionary of Useless General Knowledge dengan 232,9 poin.

Drama yang disiarkan KBS Fight My Way memanjat ke posisi empat, sedangkan drama MBC soal sejarah Kerajaan Josun bertajuk Ruler: Master of The Mask menaiki sembilan tangga ke peringkat lima.

Posisi ke-enam diduduki drama Lee Dong Gun yang berjudul Queen For Seven Days, sementara drama Ji Chang Wook yang bertajuk Suspicious Partner berada di peringkat tujuh.

CPI digagas oleh perusahaan hiburan raksasa CJ E&M dan perusahaan peneliti peringkat acara televisi Nielsen Korea. Indeks ini mengukur popularitas acara-acara televisi berdasarkan jumlah pembaca berita terkait, intensitas pencarian dalam mesin pencari, dan 'keramaian' perbincangan di media sosial.

Produce 101 merupakan program kompetisi di mana 101 kontestan pria akan berebut 11 posisi teratas untuk menjadi personel boyband yang dibesut dan akan diorbitkan oleh Mnet. Mereka dipilih secara langsung oleh 'national producers' yang tak lain adalah warga Korea Selatan sendiri.

Sebelas kontestan terpilih nantinya akan langsung digabung dalam sebuah boyband yang diberi nama, konsep, dan lagu debut.

Acara ini cukup menyita perhatian publik dalam dua tahun belakangan. Dalam musim pertamanya, sebanyak 101 kontestan cewek bertarung untuk mendapatkan dukungan suara dari warga Korea Selatan dan memperebutkan 11 posisi. Sebelas orang itu disatukan menjadi sebuah grup girlband bernama I.O.I dan diorbitkan oleh Mnet.

I.O.I pun berhasil debut dan mendapat sambutan luar biasa dari publik Korea dan beberapa negara di dunia. Pentolan I.O.I yang berhasil memuncaki peringkat, Jun Somi mendapat banyak kesempatan untuk tampil di acara televisi dan iklan, meski grupnya telah dibubarkan beberapa bulan lalu. Begitu pula sepuluh anggota lainnya.

Melihat kesuksesan itu, Mnet pun menggagas musim ke-dua dengan 101 kontestan cowok. Pekan lalu, program tersebut telah memilih 20 besar kontestan. Dua puluh orang itu akan bertarung pekan ini untuk memperebutkan 11 posisi final.

Cnni/res/res