Basarnas Siaga 24 Jam

Administrator - Selasa,16 Mei 2017 - 21:58:57 wib
Basarnas Siaga 24 Jam
UPACARA: Basarnas Kota Pekanbaru memperingati HUT ke-45 dengan menggelar upacara bersama di kantor Basarnas di Jalan Bandar Su, Selasa (28/2/2017). Rpc Pic

Pekanbaru: Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) memperingati HUT ke-45, dengan menggelar upacara bersama di kantor Basarnas di Jalan Bandar Su, Selasa (28/2).

Upacara memperingati HUT Basarnas itu dihadiri GM Angkasa Pura II, perwakilan TNI dan Polsek Bukitraya serta puluhan anggota Basarnas Kota Pekanbaru yang menggunakan seragam lengkap berwarna oranye.

Kepala Basarnas Pekanbaru Gusti Syaiful Bachri SSos usai upacara mengatakan, dalam memperingati HUT Basarnas ini, sebelumnya  terpusat di kantor pusat Basarnas, namun dari hasil Rakernas Basarnas beberapa waktu lalu, untuk memperingati HUT ke-45 ini difokuskan di kantor Basarnas masing masing.

“Untuk memeriahkannya digelar berbagai lomba, family gathering, hingga pengibaran bendera merah putih hari ini,” kata Gusti Syaiful Bachri.

Dengan usia Basarnas yang ke-45 ini, Ia berharap kepada seluruh anggotanya supaya lebih solid dan lebih siap lagi untuk membantu masyarakat yang kesusahan, terutama masarakat yang terkena musibah atau bencana. “Kita berusaha, kantor SAR Pekanbaru selalu siap, dan SOP kami siaga 24 jam, baik komunikasi maupun SDM rescue,” sebutnya.

Pihaknya juga berharap mendapatkan bantuan kapal 40 meter yang terbuat dari besi atau aluminium untuk operasional  dalam melakukan penyelamatan korban. Karena untuk saat ini, pihaknya hanyak  memiliki kapal 36 meter dan terbuat dari fiber, dan dirasa kurang maksimal dalam pelaksanaan rescue.

“Saya sedang mengupayakan kapal 40 meter, itu perlu memang. Karena yang kita tangani banyak musibah kecelakaan pelayaran yang membahayakan manusia,” ujarnya.

Rpc/RRN/Advertorial