Honda dan Suzuki Beri Kontribusi Besar Target IIMS 2017

Administrator - Jumat,12 Mei 2017 - 02:09:07 wib
Honda dan Suzuki Beri Kontribusi Besar Target IIMS 2017
New CR-V diluncurkan di ajang IIMS 2017, pekan lalu dan mendapat sambutan meriah pengunjung. Ant Pic/Cnni

Jakarta: Pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, usai digelar. Masing-masing Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) peserta pameran berlomba mengenalkan kendaraan terbaru, begitu juga keluaran lama untuk menarik hati konsumen.

Selama berlangsungnya pameran, Honda Prospect Motor (HPM) melalui sport utility vehicle (SUV) terbarunya, All New Honda CR-V menjadi kontributor utama penjualan Honda dari seluruh segmen.

SUV bermuatan tujuh penumpang yang pertama kali diluncurkan pada hari pertama IIMS itu menyumbang penjualan sebanyak 1.060 unit atau 30 persen dari total keseluruhan.

Marketing dan After Sales Service HPM Jonfis Fandy, mengatakan secara total penjualan kendaraan roda empat keluaran Honda terbilang memuaskan. Berdasarkan data yang dikeluarkan, total penjualan berjumlah 3.555 unit.

"Terlebih lagi untuk All New Honda CR-V yang baru diluncurkan," kata Jonfis dalam keterangan yang diterima media.

Menurut Jonfis, rata-rata penjualan perhari khusus bagi CR-V terbaru, yaitu sebanyak 100 unit. "Selain didukung produk baru, kami percaya hasil penjualan Honda yang baik di IIMS, didukung berbagai program penjualan yang memudahkan konsumen untuk memiliki mobil Honda," kata Jonfis.

Sementara, Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut menuai hasil serupa. Walau masih berada di bawah jumlah penjualan Honda, penjualan mobil disegmen terbarunya, urban SUV Suzuki Ignis telah menjadi buruan pengunjung.

Bahkan, menurut 4W Deputi Managing Direktur SIS Setiawan Surya, total penjualan selama IIMS 2017 sudah melampaui target yang ditetapkan. Baik dari roda empat, maupun roda dua.

"Kami puas dengan hasil penjualan selama pameran IIMS yang berhasil melampui target. Strategi kami menghadirkan Suzuki IGNIS sebagai magnet utama di booth kami berhasil," ujar Surya.

Pada penutupan IIMS 2017, Suzuki membukukan total penjualan sebanyak 1.866 unit untuk roda empat dan 76 unit roda dua.

Suzuki Ignis menjadi penyumbang utama penjualan sebanyak 812 unit, Suzuki New Ertiga 694 unit, dan Suzuki SX4-SCross 98 unit. Sedangkan kategori roda dua, terbanyak ialah Suzuki GSX-R150 39 unit dan Suzuki GSX-S150 32 unit.

"Hal ini membuktikan produk Suzuki GSX 150 series mendapatkan apresiasi sebagai alat transportasi dan lifestyle yang baik dari konsumen kelas menengah atas.” kata Sales dan Marketing 2W Dept Head SIS Yohan Yahya.

Penjualan kendaraan pada IIMS 2017, sudah membukukan nilai transaksi sebesar Rp2,6 triliun-an. Hasil itu diperoleh hingga hari ke-sembilan berlangsungnya pameran.

Sampai hari ke-sembilan, atau lebih tepatnya Jum'at pekan kemarin angka penjualan khususnya mobil mencapai Rp2.605.489.808.015. Sedangkan, angka tersebut belum termasuk kepada nilai transaksi kepada produk aftermarket dan juga suku cadang kendaraan.

Berdasarkan laporan panitia penyelenggara, Dyandra Promosindo kendaraan roda empat dan dua yang berhasil terjual sedikitnya berjumlah 9.869 unit. Sedangkan, untuk jumlah pengunjung tercatat mencapai 391.710 orang.

Selama pameran yang berlangsung dari 27 April sampai 7 Mei 2017, Dyandra menargetkan adanya nilai transaksi sebesar Rp3,1 triliun dan diiringi oleh jumlah pengunjung sebanyak 450 ribu orang.

Cnni/pit