Pemprov Riau Komit Tingkatkan Pendidikan dan Kualitas SDM

Administrator - Jumat,23 Desember 2016 - 13:40:14 wib
Pemprov Riau Komit Tingkatkan Pendidikan dan Kualitas SDM
Gubri meninjau pelatihan yang digelar Disdik Provinsi Riau beberapa waktu lalu. RRC Pic
RADARRIAUNET.COM: Untuk meningkatkan pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) wajib untuk kemajuan suatu daerah. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya mewujudkan kuantitas dan kualitas Pendidikan serta Kependidikan di Riau.
 
Berbagai upaya dilakukan, seperti melakukan berbagai usaha pembangunan pendidikan yang berkualitas, melalui pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan bahan belajar, serta berbagai pelatihan bagi guru.
 
Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman menyebut, pendidikan yang bermutu memiliki kaitan ke depan dan kaitan ke belakang. Ini berarti bahwa pendidikan yang bermutu merupakan syarat utama untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang maju, modern, dan sejahtera. Untuk itu perlu peningkatan SDM.
 
"Pendidikan yang bermutu tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yaitu guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat. Oleh karena keberadaan guru yang bermutu merupakan syarat mutlak lahirnya sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas, maka hampir semua bangsa di dunia ini mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas," kata Gubri beberapa waktu lalu.
 
Kata Gubri, pengembangan SDM, dari aspek pendidikan berarti mengembangkan pendidikan baik aspek kuantitas maupun kualitas. Aspek kuantitas menekankan pada perluasan sekolah sehingga penduduk memilki akses untuk bisa mendapatkan pelayanan pendidikan tanpa memandang latar belakang kehidupan mereka.
 
"Pengembangan sumber daya manusia berarti pendidikan dalam hal ini kualitas sekolah harus selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Kualitas sekolah memiliki tekanan bahwa lulusan sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki kemampuan yang relevan dan diperlukan dalam kehidupannya," kata Gubri.
 
Peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi dan profesionalisasi yang sedang dilakukan dewasa ini menuntut pemahaman berbagai pihak terhadap perubahan yang terjadi dalam berbagai komponen sistem pendidikan. Terlebih, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau telah menjalankan dan merancang program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Riau. Program yang dibuat ini sudah dijalankan dan tepat untuk melahirkan SDM yang berkualitas.
 
Beberapa program yang dijalankan juga masuk dalam program Nasional, diantaranya program "Indonesia pintar " melalui Wajib Belajar 12 tahun bermutu bebas pungutan. Meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science dan technopark di kawasan politeknik dan SMK-SMK dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.
 
"Program satu Guru satu laptop. Melakukan revolusi karakter bangsa, melakukan pendidikan kewarganegaraan. Menghilangkan model penyeragaman dalam sistem pendidikan nasional," tutupnya. 
 
Adv Hms/Rrc/RRN