Riau Jadi Tuan Rumah HAKI 2016

Administrator - Selasa,06 Desember 2016 - 21:48:29 wib
Riau Jadi Tuan Rumah HAKI 2016
Dok. Ist RRN
RADARRIAUNET.COM: Ada alasan khusus mengapa Riau dipilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Anti Korupsi Internasional. Berikut alasan yang disampaikan Ketua KPK Agus Raharjo.
 
Tahun ini Pemprov Riau dipercaya jadi tuan rumah hari anti korupsi internasional, yang akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 10 Desember 2016 di Pekanbaru. Menurut Ketua KPK Agus Raharjo, Riau ditunjuk menjadi tuan rumah, salah satunya adalah untuk memberikan semangat anti korupsi dan agar tersebar ke pelosok negeri ini, khususnya Riau.
 
"Terpilihnya Riau tuan rumah anti korupsi internasional tahun ini, supaya semangat anti korupsi bisa menyebar ke pelosok negeri, khususnya di Riau dan daerah lainnya," kata Agus Raharjo seperti dikutip riauterkinicom, Selasa (6/12/16).
 
Saat ditanya, apakah Riau dipilih tuan rumah karena selama ini Riau termasuk salah satu provinsi yang rawan tentang kasus korupsi. Mantan Ketua LKKP ini enggan memberikan jawaban secara spesifik, ia hanya mengatakan kalau tuan rumah itu setiap tahunnya berganti-ganti.
 
"Tidak seperti itu juga, kan tahun lalu di Bandung, sebelumnya di Yogya. Jadi tergantung daerah yang bersangkutan," sebutnya.
 
Sebagaimana diketahui, Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang kepala daerahnya sering tersangkut kasus korupsi. Mulai dari bupati hingga gubernur. Sebut saja, mantan Gubernur Riau Saleh Yasit, Rusli Zainal dan Annas Maamun, yang semuanya berakhir di penjara karena kasus korupsi.
 
Rencananya, Ketua KPK sendiri akan hadir dalam pembukaan hari anti korupsi internasional yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau pada tanggal 8 hingga 10 Desember mendatang.
 
Lex/rrn