Facebook Jajal Filter Foto Ala Snapchat

Administrator - Senin,31 Oktober 2016 - 11:46:49 wib
Facebook Jajal Filter Foto Ala Snapchat
Ilustrasi Facebook. Herman Setiyadi/cnn pic
RADARRIAUNET.COM: Facebook tak sungkan-sungkan mengakui telah mencontek Snapchat untuk fitur terbarunya, filter foto demi menjaring pengguna muda.
 
Product Chief Facebook Chris Cox pada Kamis (27/10) memperagakan fitur terbarunya yang menggunakan teknologi AI dengan penambahan frame berbentuk hati, hingga animasi wajah seniman kenamaan Vincent Van Gogh.
 
Mengutip The Verge, selain kemunculan filter foto, Facebook juga merilis fitur bernama 'Direct' yang memungkinkan penggunanya mengirimkan foto dan video secara langsung ke teman atau grup.
 
Sama halnya dengan Snapchat, untuk setiap foto dan video yang telah diunggah akan otomatis dihapus dalam waktu 24 jam.
 
Juru bicara Facebook mengatakan, apabila tidak ada komentar masuk untuk setiap foto dan video maka akan otomatis menghilang dari daftar unggahan.
 
Dalam pembaharuan aplikasi, nantinya akan ada tombol kamera di bagian kiri atas 'Newsfeed' atau cukup menggeser ke kanan tampilan laman depan Facebook untuk membuka fitur kamera lengkap dengan koleksi filter foto.
 
Meski masih dalam tahap uji coba, fitur baru ini dipastikan sudah tersedia untuk pengguna di Irlandia.
 
Sebelumnya, Facebook juga secara tegas mengakui aksi plagiat terhadap fitur Stories untuk Instagram.
 
Banyak pihak menyebut kemunculan fitur baru ini sebagai hasil pengembangan setelah Facebook mengakuisisi startup MSQRD pada Maret lalu.
 
Pada bulan Maret lalu, Facebook mengumumkan telah mengakuisisi pengembang aplikasi pengganti wajah (face swapping) Masquerade Technologies. Startup ini merupakan pembuat aplikasi MSQRD dengan cara kerja yang hampir sama dengan fitur di Snapchat.
 
MSQRD memungkinkan pengguna menambahkan filter seperti topeng pada wajah pengguna. Di sana terdapat topeng dari Leonardo DiCaprio, Barrack Obama, atau binatang maupun zombie. 
 
evn/cnn/radarriaunet.com