Aspal Sirkuit Sepang Bikin Rossi Kebingungan

Administrator - Sabtu,29 Oktober 2016 - 16:05:11 wib
Aspal Sirkuit Sepang Bikin Rossi Kebingungan
Valentino Rossi mengatakan bahwa ia akan kesulitan dalam cuaca yang setengah-setengah. cnn

RADARRIAUNET.COM - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengakui renovasi yang dilakukan pada trek Sirkuit Sepang membuatnya kebingungan. Hal ini karena warna lintasan yang gelap membuat dirinya kesulitan membedakan area yang kering dan basah.

Persoalan ini mencuat ketika ia menjalani sesi latihan bebas kedua pasca-hujan mengguyur Sirkuit Sepang selama satu jam, Jumat (28/10) siang. Di sesi latihan itu, Rossi berada di peringkat ke-13.

"Lintasan yang baru memang sangat bagus. Bagus untuk cengkraman ban. Tapi membutuhkan waktu yang lama untuk mengering, dan di Malaysia setiap harinya nyaris terjadi hujan," kata Rossi mengomentari soal aspal baru Sirkuit Sepang, seperti dikutip dari Crash.

"Aspal yang baru juga sangat gelap sehingga sukar untuk mengetahui area yang basah."

Rossi sendiri bukannya takut dengan kondisi hujan. Tapi ia lebih kesulitan jika terjadi gerimis sehingga lintasannya setengah basah dan setengah kering.

"Saya cukup cepat pagi ini (sesi latihan bebas pertama) dan sore hari juga saya cukup percaya diri dalam kondisi basah sepenuhnya. Tapi kami memiliki beberapa masalah dalam kondisi yang bercampur. Jadi kami berharap balapan sepenuhnya kering, atau sepenuhnya basah."

Pebalap Italia itu juga memprediksi bahwa rekor putaran tercepat miliknya akan dipecahkan oleh pebalap lain pada pekan ini.

"Marquez sudah mencatatkan dua menit 1,2 detik dan saya dua menit 1,6 detik. Tapi itu dengan catatan tiga tikungan berada dalam kondisi lembab pagi ini. Saya kira, jika lintasannya sempurna, maka kami bisa lebih cepat dua detik dari tahun lalu," kata Rossi.

"Lintasan ini punya potensi yang bagus. Masalahnya adalah... ini (sembari menunjuk hujan)."

Rossi saat ini mengantongi keunggulan 24 poin dari Jorge Lorenzo dan bisa mengamankan posisi dua jika mengalahkan rekan setimnya itu di GP Malaysia.


cnn/radarriaunet.com