Pertahankan Kearifan Lokal, Budaya Gotong Royong di Dumai Terus Digalakan

Administrator - Sabtu,29 Oktober 2016 - 13:28:25 wib
Pertahankan Kearifan Lokal, Budaya Gotong Royong di Dumai Terus Digalakan
Gotong royong warga RT07 Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau bersama PT Sari Dumai Sejati. gor

RADARRIAUNET.COM - Gotong royong merupakan salah satu kearifan lokal yang perlu dipertahankan dan ditingkan menjadi budaya di Kota Dumai, Riau. Gotong royong terus digalakan, baik dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat Dumai sendiri.

PT Sari Dumai Sejati (SDS) bergotong royong bersama dengan warga RT07 Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, 22 Oktober 2016 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SDS.

"Kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan di beberapa RT sebelumnya. Kegiatan gotong royong kali ini fokus pada persiapan pengoperasian sumur bor (deep well) yang didanai oleh PT SDS. Sumur Bor ini dipersiapkan untuk antisipasi kebutuhan air terutama pada saat musim kemarau," ujar Humas PT SDS, Kamero Bangun kepada awak media, Kamis (27/10/2016).

Kegiatan ini dikomandoi oleh staff Humas PT Sari Dumai Sejati Edi Ahmad, lanjutnya. Selain itu, bersama warga RT07 fokus untuk pembuatan drainase, meninggikan lantai teras dan membersihkan bak penampungan air dari sumur bor.

"Melalui gotong royong ini mampu membangun hubungan harmonis dan terjadinya silaturahmi antara perusahaan dengan warga. Bersama-sama dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang berat sekalipun akan menjadi ringan," ungkapnya.

Dengan disumbangkannya satu buah sumur bor ini, masyarakat setempat terbantu dalam mendapatkan air bersih dan terutama pada saat musim kemarau. Dengan adanya partisipasi seperti ini maka rasa memiliki juga akan semakin tinggi sehingga sumur bor yang disumbangakan dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

"Sesuai dengan arahan management, kearifan lokal seperti gotong royong ini perlu tetap dipertahankan dan dijaga kemurniannya. Sejalan dengan itu PT SDS menggalakan budaya royong di sekolah-sekolah yang berdekatan dengan PT Sari Dumai Sejati. Kegiatan seperti ini akan membantu membentuk karakter untuk saling memperhatikan dan saling menjaga satu sama lain," jelasnya.

Sementara itu warga RT07, Nur Hakim juga mengatakan, bahwa atas bantuan ini dapat bermanfaat dan hubungan baik antara perusahaan dan warga terjaga dengan baik. "Kami merasakan bagaimana kepedulian perusahaan dengan masyarakat," ujarnya.


gor/radarriaunet.com