Atasi Krisis Listrik Di Inhil, TNI Garap Proyek Mikrohidro

Administrator - Sabtu,29 Oktober 2016 - 11:45:25 wib
Atasi Krisis Listrik Di Inhil, TNI Garap Proyek Mikrohidro
Atasi Krisis Listrik Di Inhil, TNI Garap Proyek Mikrohidro. ant
RADARRIAUNET.COM - Tentara Nasional Indonesia melalui Kodim 0314 Inhil, Riau telah membangun proyek Mikrohidro atau pembangkit kecil bertenaga air di Kecamatan Belengkong, Tembilahan guna mengatasi krisis listrik di wilayah setempat.
 
"Kami tim dari Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat (AD) dan Korem Pekanbaru didampingi Dandim 0314/Inhil Letkol Inf J Hadiyanto telah meninjau proyek mikrohidro tersebut," kata Staf ahli Kasat TNI AD Brigjend TNI Joko Warsito di Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Inhil, Jumat.
 
Brigjend TNI Joko Warsito menjelaskan kedatangan mereka ingin melihat pemanfaatan teknologi tepat guna yang dibuat oleh TNI khususnya Kodim 0314 tersebut apakah bisa maksimal digunakan masyarakat.
 
"Itu yang mau kami lihat dan ternyata sampai sekarang masih berjalan dan sangat dibutuhkan masyarakat karena di sana memang tidak ada listrik," sebut Brigjen TNI Joko Warsito.
 
Menurut dia saat ini di wilayah tersebut belum dialiri listrik PLN, karena letaknya yang jauh tidak bisa menjangkau dari lokasi.
 
Sementara kebutuhan listrik bagi penerangan dan kehidupan sehari-hari sudah tidak bisa ditunda lagi bagi warga tempatan.
 
Makanya pembangunan Mikrohidro ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.
 
Ia menjelaskan proyek Mikrohidro yang ada saat ini memang mengandalkan pengolahan tenaga air menjadi listrik dan dialirkan ke rumah warga untuk dimanfaatkan bagi penerangan serta lainnya.
 
"Harapan kami masyarakat betul-betul mendapat manfaat dan mau memelihara dengan baik pembangkit. Karena di lokasi ini arus airnya tidak sederas di tempat lain jadi memang agak sedikit sulit saat pemasangannya dan tantangannya berat," katanya lagi.
 
Tidak hanya itu, ia juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh jajaran Kodim 0314 tersebut. Sebab bisa jadi di tempat lain tidak ada yang seperti itu dengan kondisi alam yang serupa.
 
"Proyek Mikrohidro yang ada di Kecamatan Belengkong ini juga atas permintaan masyarakat," katanya menambahkan.
 
Selain pembangkit listrik, TNI juga membangun perpustakaan yang bermanfaat untuk anak-anak, termasuk juga ada rumah pintar.
 
"Kami melihat antusias masyarakat untuk memanfaatkannya sepertinya ini nanti bisa jadi percontohan di tempat lain yang kondisinya sulit," katanya menambahkan.
 
Mikrohidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasi pembangkit listrik yang menggunakan air dengan kapasitas kecil.
 
 
ant/radarriaunet.com