Usai Berikan Penghargaan Pembina Ketahanan Pangan ke Kepulauan Meranti, Ini yang Disampaikan Gubri

Administrator - Sabtu,29 Oktober 2016 - 10:31:36 wib
Usai Berikan Penghargaan Pembina Ketahanan Pangan ke Kepulauan Meranti, Ini yang Disampaikan Gubri
Gubri Andi Rachman. gor

RADARRIAUNET.COM - Gubernur Riau (Gubri) Arsyad Juliandi Rachman (Andi Rachman) memberi penghargaan pembina ketahanan pangan ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (25/10/2016) di Pekanbaru. Penghargaan dari Gubri itu diterima oleh Wakil Bupati H Said Hasyim.

Menurut Arsyad Juliandi Rachman, selama ini Ia memantau terus perkembangan Kabupaten Kepulauan Meranti terutama dalam hal ketahanan pangan sesuai kearifan lokal, sagu. Katanya lagi, apa yang diraih oleh Kabupaten Meranti dua rekor MURI terkait sagu, mendapat apresiasi khusus darinya. Ia berharap apa yang telah diupayakan oleh Pemkab Kepulauan Meranti dalam mengembangkan potensi Sagu sebagai bahan pokok alternatif Nasional, dapat mewujudkan kemandirian pangan daerah.

Dijelaskan Gubri, Riau khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu daerah penghasil Sagu terbesar di dunia. Namun, diakuinya juga Riau hanya mampu menyerap 10 persen produksi sagu.

Atas permasalahan ini, Ia berharap instansi terkait di tingkat pusat dapat membantu mendirikan perusahaan yang mampu mengolah turunan sagu.

Pemprov Riau sendiri, seperti dikatakan Gubri, akan terus mempromosikan sagu di tingkat Nasional dan Internasional. Dimulai dengan membiasakan masyarakat Riau mengkonsumsi sagu lewat program sehari (dalam seminggu) makan sagu.

"Jika program itu berjalan akan menghemat konsumsi beras 2000 ton perhari. Jadi, dalam sebulan 4 hari masyarakat mengkonsumsi sagu, maka kita hemat 8.000 ton beras," ujar Gubri.

Promosi Sagu ini dijelaskan Gubri, juga sesuai anjuran Presiden RI Ir Joko Widodo. Dimana, tambah Andi Rachman, Presiden Jokowi menganjurkan setiap provinsi di Indonesia untuk memilih satu potensinya.

Provinsi Riau mengunggulkan sektor pariwisata berbasis budaya. "Olahan sagu kita jadikan kuliner pendukungnya," kata Andi lagi.


gor/radarriaunet.com