Tidak Cukup Duit, Jalan Lingkar Luar Diusulkan Jadi Jalan Nasional

Administrator - Jumat,28 Oktober 2016 - 14:24:22 wib
Tidak Cukup Duit, Jalan Lingkar Luar Diusulkan Jadi Jalan Nasional
ilustrasi. bpc

RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menghentikan sementara pengerjaan outo ring road atau jalan lingkar luar. Dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru hingga tahun 2017 ditaksir belum pulih.

Sebagai solusi Pemko Pekanbaru telah berencana seluruh jalan lingkar luar yang pembangunannya stop sementara Bisa diserahkan ke Pemerintah pusat. Caranya dengan peningkatan status jalan lingkar luar menjadi jalan nasional, sehingga pembangunan bisa menggunakan APBN.

Hal itu dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kota (Setko) Pekanbaru, Dedi Gusriadi, Rabu (26/10/2016). "Nanti seluruh jalan lingkar diserahkan ke pusat. Sebab jalan lingkar akan berubah status dari jalan milik Pemko Pekanbaru menjadi jalan nasional. Namun saat ini progresnya masih pada pengajuan pada akses pintu tol dulu,” jelasnya.

Proses pembangunan empat ruas jalan lingkar luar sendiri sudah dilakukan Pemko Pekanbaru melalui APBD dalam tahun anggaran 2015 dan 2016.

Empat titik lokasi pembangunan jalan lingkar luar tersebut yakni akses jalan Okura Lintas tol Pekanbaru-Dumai panjangnya 14,5 kilometer, lalu Jalan Badak Lintas Timur yang panjangnya mencapai 3,6 kilometer, disisi lain ada Lintas Timur arah Kampar panjangnya 4,2 kilometer. Kemudian bagian ke empat Jalan Teluk Lembu ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) termasuk ke lokasi perkantoran baru Pemko panjangnya 5,8 kilometer.


bpc/fn/radarriaunet.com