APBD Pekanbaru 2017 Sah Di Rp2,355 Triliun

Administrator - Jumat,28 Oktober 2016 - 13:37:15 wib
APBD Pekanbaru 2017 Sah Di Rp2,355 Triliun
APBD. cpc

RADARRIAUNET.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 sebesar Rp2,355 triliun.

"Pengesahannya dilakukan lewat rapat paripurna," kata Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sahril di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Sahril pengesahan APBD murni Kota Pekanbaru tahun 2017 sebesar Rp2,355 triliun terbilang cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan mengejar masa tugas Firdaus, yang akan memasuki cuti kampanye diluar tanggungan negara karena akan maju pada Pemilihan Walikota (Pilwako) 2017.

Juru bicara Banggar DPRD Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti menjelaskan, nilai APBD Pekanbaru 2017 sebesar Rp2,355 triliun tersebut turun dari APBD 2016, yang mencapai Rp3,4 triliun.

Penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya dari dana bagi hasil (DBH) dan bantuan pusat minim, pendapatan asli daerah (PAD) yang berkurang, dan pemangkasan beberapa Peraturan Daerah oleh pemerintah pusat.

"Angka Rp2,355 triliun tersebut terdiri dari PAD yang ditargetkan pencapaiannya Rp1,01 triliun, dana perimbangan Rp1,1 triliun serta pendapatan lain-lain Rp100 miliar lebih," terang Ida.

Selanjutnya Ida Yulita Susanti mengatakan, DPRD berharap agar Pemko segera merealisasikan pencapaian APBD tersebut, termasuk juga dalam mendorong PAD, mengacu kepada aturan yang berlaku.

"Seluruh perangkat daerah diharapkan dapat melaksanakan program sesuai jadwal dan mengoptimalisasikan semua program yang ada. Kepada dinas, kami minta harus dapat mencapai targetnya di tahun mendatang," katanya lagi.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengucapkan terima kasih kepada semua anggota DPRD, terutama Banggar yang sudah membahas APBD tahun 2017 sesuai prosedur yang ada.

"Penggunaan pembelanjaan APBD ini setelah verifikasi dari Gubernur Riau. Kami harapkan secepatnya. Yang jelas, apa yang diharapkan pihak DPRD, akan dilaksanakan," ucap Wako.

Firdaus juga mengatakan keberhasilan suatu pemerintahan harus didukung dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan legislatif.

"Mari kita bersama-sama membangun Kota Pekanbaru ini agar lebih baik dan maju ke depannya," katanya menambahkan.


ant/fn/radarriaunet.com