Pemerintah Kecamatan Langgam Lakukan Berbagai Langkah Cegah DBD

Administrator - Jumat,28 Oktober 2016 - 12:57:44 wib
Pemerintah Kecamatan Langgam Lakukan Berbagai Langkah Cegah DBD
Camat Langgam Sugeng Wiharyadi. rec

RADARRIAUNET.COM - Berbagai langkah antisipasi guna mencegah meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk Aeides Aaegipty dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Langgam yang tak mau kecolongan seperti kasus DBD yang merenggut nyawa warga Desa Langkan sehingga ditetapkan Kondisi Luar Biasa (KLB) pada tahun 2011 silam.

"‎Tahun ini kan puncak siklus 5 tahunan DBD, jadi jauh-jauh hari kita sudah melakukan berbagai upaya dalam mencegah DBD di Kecamatan Langgam. Meski masih terdapat kasus DBD, namun dibanding pada tahun 2011 saat KLB diberlakukan di Desa Langkan 5 tahun lalu jauh berbeda dengan sekarang. Saat ini di Langgam hanya ada 6 kasus saja," terang Camat Langgam Sugeng Wiharyadi Selasa (25/10/2016).

Sugeng mengatakan bahwa langkah yang telah dilakukannya adalah seperti melakukan penyuluhan bersama pihak puskesmas‎ untuk mengantisipasi DBD dengan kembali kepada pola hidup sehat, membersihkan lingkungan serta goro.

"Selanjutnya juga kita memetakan titik-titik rawan DBD sehingga bisa lebih dipantau ekstra oleh pihak puskesmas dan melakukan berbagai kegiatan seperti yang saya sampaikan," katanya.

Tak hanya itu, sambungnya, koordinasi dengan pihak puskesmas juga secara kontinue dilakukan terutama soal keberadaan dokter jaga. "Inikan sedang rawan DBD, maka kita minta dokter jaga selalu stanbay. Sehingga bila ada pasien DBD yang membutuhkan pertolongan bisa langsung ditangani oleh dokter selanjutnya melakukan rujukan ke Rumah Sakit," terangnya.

Namun diakui Camat, bahwa masyarakat Langgam saat ini telah menyadari akan bahaya DBD,masyarakat sudah kembali kepada pola hidup sehat dengan melakukan gerakan 3 M Plus guna menghindari penyebaran sarang-sarang nyamuk, melakukan gotong royong membersihkan lingkungan dan sebagainya.

"Tentunya dengan berbagai langkah antisipasi dilakukan dapat menekan angka kasus DBD di Kecamatan Langgam," tandasnya.


rec/fn/radarriaunet.com