Meriahkan Pesta Pantai Selat Baru, Disubdparpora Bengkalis Libatkan Masyarakat

Administrator - Jumat,28 Oktober 2016 - 12:18:32 wib
Meriahkan Pesta Pantai Selat Baru, Disubdparpora Bengkalis Libatkan Masyarakat
Lomba Jung, salah satu kegiatan dalam Pesta Pantai Selatbaru. grc
RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) akan melibatkan masyarakat setempat untuk lebih memeriahkan event wisata Pesta Pantai 2016. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pesta pantai akan dipusatkan di Pantai Selatbaru dari tanggal 5 hingga 6 November mendatang.
 
“Jadi kegiatan pesta pantai nanti selain dari Disbudparpora, kita harapkan juga ada dari masyarakat. Sehingga kegiatan event wisata tahunan ini bisa lebih meriah lagi,” ujar Kepala Disbudparpora Bengkalis, H Eduar kepada wartawan, Rabu (26/10/2016).
 
Dikatakan dari Disbudarpora sendiri seperti tahun sebelumnya menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai komponen. Ada yang khusus untuk para pelajar dan ada juga untuk masyarakat umum. Untuk para pelajar antar lain lomba mewarnai dengan peserta dari TK dan lomba melukis dengan peserta dari SD hingga SLTA. Sementara untuk umum berupa permainan tradisional seperti lomba layang-layang, gasing dan jung (sampan layar kecil tanpa awak,red).
 
Di luar itu, sambung Eduar, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat atau kelompok pemuda setempat. Asalkan kegiatan dimaksud tidak keluar dari tema pesta pantai. “Kita sangat welcome sekali karena pada dasarnya pesta pantai ini bukan milik pemerintah melainkan milik kita semua. Semakin banyak kegiatan yang positif, maka semakin meriah acaranya dan gaunngya pun tentu makin besar,” katanya lagi.
 
Terpisah Seksi Perlengkapan Kegiatan Pesta Pantai 2016, Danuri saat dihubungi mengatakan, khusus untuk lomba mewarnai dan melukis pihaknya membatasi hanya 250 orang. Hal ini terkait dengan keterbatasan anggaran sementara untuk perlombaan ini pihaknya menanggung makan peserta lomba termasuk media untuk mewarnai dan melukis. “Media yang kita maksud adalah kertas untuk mewarnai dan melukis kita siapkan. Jadi peserta hanya membawa peralatan untuk mewarnai atau melukis saja,” ujarnya.
 
Secara rinci, Danuri mengatakan dari 250 peserta itu sebanyak 100 peserta berasal dari TK/PAUD dengan kegiatan lomba mewarnai. Kemudian untuk lomba melukis, ada tiga kategori yaitu SD, SLTP dan SLTA dengan peserta masing-masing sebanyak 50 orang. “Surat permintaan peserta sudah kita serahkan ke UPTD di Bengkalis dan Bantan. Selanjutnya mekanisme pemilihan kita serahkan kepada mereka (UPTD,red),” ujarnya lagi. 
 
 
grc/radarriaunet.com