PMI Pekanbaru Bantah Jual Beli Darah, Biaya Dikenakan Katanya Untuk Ini

Administrator - Kamis,27 Oktober 2016 - 12:52:08 wib
PMI Pekanbaru Bantah Jual Beli Darah, Biaya Dikenakan Katanya Untuk Ini
ilustrasi. hal

RADARRIAUNET.COM - Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru Riau M Noer membantah telah melakukan jual beli darah kepada masyarakat, sebagai mana yang dikeluhkan oleh keluarga pasien beberapa waktu ini. Dimana diketahui sebelumnya salah satu warga yang membutuhkan darah dikenakan biaya oleh PMI Pekanbaru sebesar Rp720 ribu.

"Kita tidak ada jual beli darah, yang ada sesuai dengan ketentuan PMI pusat itu adalah namanya penganti biaya kantong dan prosesing darah hingga disalurkan kepada yang membutuhkan. Inilah yang membutuhkan biaya bukan darahnya, itupun satu kantongnya hanya Rp360 ribu," ujar M Noer.

Biaya proses yang dimaksud M Noer yaitu dimulai ketika ada yang mendonorkan darah, melalui tahapan pemeriksaan awal yakni layak atau tak layaknya darah yang diambil.

Setelah dikira layak dimasukkan di kantong dan kembali diuji secara khusus, yakni megecek penyakit-penyakit yang berbahaya seperti Hepatitis B dan D, HIV, kemudian narkoba. Setelah itu baru masuk ke prosesing memilah-milah darah dalam kantong dan siap disalurkan kepada yang membutuhkan.

"Memang kita wajibkan sebelum ambil kantong darah di PMI harus membawa penganti dua orang untuk menjamin ketersediaan atau stok darah, namun bagi anggota keluarga yang tidak membawa anggota keluarga bisa diganti di lain waktu, mungkin di situlah munculnya pencaloan sebagai pendonor darah," paparnya.

Meski demikian, pihaknya di PMI mengaku terus mensosialisasikan ke masyarakat, organisasi-organisasi untuk berpartisiapsi menyumbangkan darah.

"Kami tetap mencarikan sumber-sumber darah baru untuk disalurkan kepada yang membutuhkan, caranya dengan gencar melakukan mensosialisasikan kepada masyarakat atau pendonor awal agar mengajak yang lainnya jadi donatur, sosialisasi ke oraganisasi-organisasi, sekolah serta ke kampus-kampus," pungkasnya.


hal/fn/radarriaunet.com