Dinkes Meranti Terima Bantuan Alat dan Sarana Penunjang Pelayanan Kesehatan

Administrator - Kamis,27 Oktober 2016 - 11:49:45 wib
Dinkes Meranti Terima Bantuan Alat dan Sarana Penunjang Pelayanan Kesehatan
Enam unit Ambulance saat berada di Kantor Dinkes Meranti. rgc

RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menerima bantuan berupa alat dan sarana penunjang pelayanan kesehatan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Riau untuk alokasi tahun anggaran 2016.

"Kita telah menerima sebanyak enam unit ambulance darat dan dua unit ambulance laut, serta satu mobil pusling. Merupakan anggaran bantuan keuangan provinsi (Riau)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Irwan Suwandi, di Selatpanjang, Selasa (25/10/2016).

Selain itu sebut dr Irwan, dinasnya juga telah menerima bantuan berupa bangunan gedung untuk Puskesmas Anak Setatah, 13 unit Poskesdes, serta rumah dinas untuk Puskesmas Teluk Belitung dan Sungaitohor.

"Bantuan berupa bangunan sedang dalam tahap pengerjaan. Sementara bantuan alat, rencananya akan kita serahkan pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) nantinya," sebut dia.

dr Irwan menjelaskan, alat kesehatan dan sarana penunjang tersebut nantinya akan menjadi aset Kabupaten Kepulauan Meranti, Puskesmas dan pihak terkait diharap bisa menggunakannya dengan penuh tanggung jawab.

"Kesehatan adalah salah satu program yang harus ditingkatkan, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat, dan semoga dengan bantuan alat-alat kesehatan ini, pelayanan kesehatan khususnya di wilayah Kepulauan Meranti dapat optimal," harapnya.

Lebih lanjut dr Irwan menerangkan, wilayah Kepulauan Meranti terdapat 9 kecamatan, memiliki sebanyak 10 Puskesmas, 33 Pustu, dan sekitar 50-an Poskesdes.

"Ada 6 desa pemekaran yang masih belum mempunyai fasilitas kesehatan, seperti Desa Gogok, Insit, Dwi Tunggal, Bagan Melibur, Mekar Baru, dan Citra Damai. Insya Allah diprioritaskan tahun 2017 mendatang," ucap Kadinkes Kepulauan Meranti itu.


rgc/fn/radarriaunet.com