Perjuangkan Nasib Petani Kelapa, Sekdakab Inhil "Mencari Perhatian" di Riau Investment Forum 2016

Administrator - Kamis,27 Oktober 2016 - 11:18:10 wib
Perjuangkan Nasib Petani Kelapa, Sekdakab Inhil
Acara Riau Investment Forum 2016 di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri. grc
RADARRIAUNET.COM - Riau Investment Forum 2016 digelar sebagai ajang promosi beragam potensi ekonomi dan bisnis yang ada pada 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Momen ini pun benar-benar dimanfaatkan oleh Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk mencari 'perhatian' investor.
 
"Petani kelapa di Inhil sangat membutuhkan kehadiran investor. Apa lagi kondisi seratus ribu hektare kebun kelapa di Inhil saat ini sudah rusak parah," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin kepada Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal, Lestari Indah dalam acara Riau Investment Forum di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri, Selasa (25/10/2016) siang.
 
Masih dikatakan Sekda Inhil, kondisi perkebunan kelapa yang rusak semakin diperburuk dengan rendahnya harga kelapa yakni berkisar Rp1.800 per butir dan itu pun tidak dibayar langsung.
 
Sementara di perbatasan Guntung, kapal Malaysia sudah menanti untuk membeli kelapa petani lokal dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp2.800 hingga Rp3 ribu setiap butirnya dan dibayar langsung.
 
"Kalau kelapa dibeli dengan harga yang pantas, otomatis petani kita tidak akan menjual hasil kebunnya kepada asing. Ini harus menjadi perhatian pemerintah," imbuh Said Syarifuddin dalam forum yang dihadiri beragam asosiasi terkait penanaman modal. 
 
 
grc/radarriaunet.com