Bupati Apresiasi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis di RSUD PH Tembilahan

Administrator - Kamis,27 Oktober 2016 - 10:08:21 wib
Bupati Apresiasi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis di RSUD PH Tembilahan
Bupati Apresiasi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis di RSUD PH Tembilahan. rtc
RADARRIAUNET.COM - Bupati H Muhammad Wardan membuka secara resmi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dan HUT ke-71 TNI Tahun 2016, Rabu (26/10/16). 
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada (PH) Tembilahan ini kerjasama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, PT BCA Tbk, Dinkes, RSUD Puri Husada Tembilahan, Kodim 0314/Inhil, BPJS Kesehatan, Perdami, Smile Train, IDI, KKKS Inhil dan PWI Indragiri Hilir. 
 
Bupati Indragiri Hilir, H Muhammad Wardan menyatakan, operasi katarak ini guna mewujudkan Indonesia Bebas Katarak tahun 2020 mendatang. 
 
"Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menargetkan bahwa pada tahun 2019 mendatang, di Inhil akan bebas katarak," sebutnya. 
 
Antusias masyarakat sangat luar biasa dalam mengikuti kegiatan ini. Dari data 200 direncanakan sudah berlebih menjadi 250 orang. Dan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mendaftar. 
 
"Dengan banyaknya masyarakat yang ingin mengikuti operasi Katarak secara gratis, diharapkan kegiatan seperti ini dilaksanakan dua kali dalam satu tahun," sebutnya.
 
Beliau meminta kepada pihak pemerintah kecamatan untuk melakukan pendataan penderita Katarak. Hal itu bertujuan untuk mensukseskan Indonesia bebas Katarak 2020. 
 
"Persiapan untuk kedepan, camat, lurah dan kepala desa untuk melakukan pendataan masyarakat penderita Katarak. Kalau bisa kita targetkan 2019 Inhil bebas buta Katarak," tukasnya. 
 
Sementara itu, Direktur RSUD PH, Dr Irianto kepada awak media mengatakan bahwa target awal operasi Katarak awalnya sebanyak 200 orang. 
 
"Jadi hari ini kita operasi Katarak sebanyak 200 orang, dan 50 orang lagi secara reguler," terangnya. Dengan menurunkan sebanyak 12 Dokter dari RSUD PH Tembilahan. 
 
"Selain operasi Katarak, ada juga operasi bibir sumbing sebanyak 30 orang dan juga penyerahan 9 unit alat dengar," tukasnya.
 
 
rtc/radarriaunet.com