Selain Meningkatkan Minat Baca, Guru di Dumai Harus Memberdayakan Buku untuk Dibaca

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 12:39:48 wib
Selain Meningkatkan Minat Baca, Guru di Dumai Harus Memberdayakan Buku untuk Dibaca
Pelatihan Pelita Pustaka di SDN 001 Lubuk Gaung dari Tanoto Foundation, bagaimana membaca bukan hal menakutkan oleh pelajar. gor

RADARRIAUNET.COM - Membaca buku bagi pelajar menjadi hal yang menyenangkan, namun tidak sedikit itu jadi hal yang ditakuti. Untuk meningkatkan minat membaca pelajar, guru di Kota Dumai, Riau, harus bisa memberdayakan buku untuk dibaca oleh pelajar.

Seperti yang dilakukan Tanoto Foundation, dalam pelatihan selama 4 hari tentang Pelita Pustaka di SDN 001 Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Selasa (25/10/2016).

Sebagaimana disampaikan Training Specialis Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan kepada awak media, sebelum pelatihan Pelita Pustaka dimulai, bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan niat baca pelajar, penekananya bukan memperbaiki, tapi bagaimana guru memberdayakan buku untuk membaca.

"Melalui pelatihan bagaimana guru memberikan hal-hal menarik kepada pelajar seusai membaca. Jadi, pelajar pun akan semakin tertarik membaca buku dan menggali ilmu pengetahuan melalui buku bacaan," ujarnya.

Ditempat yang sama Regional Project Officer Wilayah Dumai dan Kepulauan Meranti Tanoto Foundation, Nurul Hasanah mengatakan, ada 36 peserta yang terdiri dari 5 sekolah, yaitu MIN Lubuk Gaung, SDN 001 Lubuk Gaung, SDN 003 Bangsal Aceh, SDN 004 Bangsal Aceh dan SDN 006 Bangsal Aceh.

"Membahas teknik dan teori hingga hari ketiga. Hari keempat mempraktekkannya langsung di sekolah masing-masing peserta yang mengikuti pelatihan. Targetnya peserta bisa mengaplikasikan pelatihan ini secara langsung di sekolah," ungkapnya.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Dumai, Ridwan juga mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan ini cukup berarti bagi dunia pendidikan di Kota Dumai.

"Adanya pelatihan diharapkan bisa menambah wawasan, pengetahuan dan kompetensi guru (peserta) yang mengikuti. Sehingga, bisa menerapkannya di sekolah dan membagikannya kepada guru lainnya," jelasnya.


gor/radarriaunet.com