Kuliah Umum Mahasiswa Baru AKNP, Utamakan Soft Skill di Dunia Kerja

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 11:11:12 wib
Kuliah Umum Mahasiswa Baru AKNP, Utamakan Soft Skill di Dunia Kerja
Kuliah umum mahasiswa baru angkatan 3 tahun 2016/2017 Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), Selasa (25/10/2016). gor

RADARRIAUNET.COM - Soft skill merupakan atribut personal yang mencerminkan keahlian individual untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, serta kemampuan bekerja sama dalam tim.

Seperti disampaikan General Manager Community Development (CD) and Stakeholder Relation (SHR) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Wan Mohd. Jakh Anza, pada kuliah umum Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) dihadiri puluhan mahasiswa angkatan 3 tahun 2016/2017 di Aula AKNP, Selasa (25/10/2016).

Disampaikannya, semua kemampuan tersebut lebih mendominasi dan lebih berpengaruh dibandingkan hard skill (kemampuan teknis). "Dalam menghadapai dunia kerja, soft skill menjadi penentu kesuksesan yang harus dimiliki," ujar Wan Jakh.

Kuliah umum mengambil tema 'Peranan Dunia Industri dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi Vokasional di Kabupaten Pelalawan' ini dihadiri Bupati Pelalawan, HM Harris, Wakil I DPRD Pelalawan, Supriyanto, Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo, Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP).

Bupati Harris dalam sambutanya menyampaikan bahwa generasi muda perlu mempersiapkan diri untuk terjun dalam dunia industri. Disampaikanya, RAPP satu-satunya perusahaan yang diminta menjadi narasumber dalam kuliah umum ini mengingat RAPP adalah perusahaan industri terbesar di Pelalawan.

"RAPP adalah satu-satunya pembicara dalam kuliah umum ini, karena merupakan yang terbesar di Pelalawan. Semoga para mahasiswa dapat mengambil ilmu yang diperoleh untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja," ujar Bupati Harris.

Dalam presentasinya, Wan Jakh menyampaikan bahwa pihak industri menjadi salah satu pihak yang berperan dalam mendukung pendidikan vokasional seperti memberi peluang untuk mendapatkan pengalaman magang di industri sekaligus kesempatan kerja bagi mahasiswa kompeten yang bersedia bekerja untuk industri tersebut.

"Industri menjadi salah satu pihak yang berperan dalam pendidikan vokasional, mulai dari kurikulum, peluang praktek, bantuan pengajar, serta kesempatan kerja. Oleh sebab itu mulailah mengasah soft skill yang dimiliki untuk mempersiapkan diri menjadi professional di dunia kerja," tandas Wan Jakh.


gor/radarriaunet.com