Rindukan Hujan, Masyarakat Rohul Mulai Gelar Salat Istisqa

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 10:49:06 wib
Rindukan Hujan, Masyarakat Rohul Mulai Gelar Salat Istisqa
Intensitas hujan di Rohul mulau berkurang empat bulan terakhir. Masyarakat laksanakan salat Istisqa dengan harapan segera turun hujan. rtc
RADARRIAUNET.COM - Masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) merindukan hujan. Sudah empat bulan belakangan intensitas hujan berkurang hingga sebabkan sumur masyarakat kering.
 
Akibat sumur di rumah kering, kebanyakan masyarakat lebih memilih beraktivitas di aliran sungai terdekat. Namun, bagi masyarakat berkecukupan, mereka lebih memilih membeli air dari Penyedia Air Bersih atau PAB.
 
Berharap hujan segera turun, siswa SMK Negeri 1 Rambah menggelar Salat Istisqa atau Salat minta hujan di halaman sekolahnya dipimpin Imam dan Khatib Ustad Amrizal, Selasa (25/10/16) pagi.
 
Kepala SMKN 1 Rambah Yulisman mengatakan Salat Istisqa dilaksanakan merupakan ide dari guru-guru di sekolahnya, karena musim kemarau sudah terjadi cukup lama.
 
"Ini ide dari guru-guru, karena sudah lama musim kemarau. Sumur di rumah para guru mulai kering," ujar Yulisman kepada awak media, Selasa sore.
 
Di hari yang sama, masyarakat di Kecamatan Rambah Samo juga menggelar Salat Istisqa di lapangan kantor Camat setempat.
 
Menurut masyarakat Rohul, musim kemarau tahun ini sudah luar biasa. Di tahun-tahun sebelumnya, musim kemarau hanya sekira tiga bulan, namun di tahun ini sudah empat bulan.
 
Dampak kemarau panjang, debit air Sungai Batang Lubuh Pasirpangaraian dan Sungai Rokan Ujungbatu juga sudah mulai menyusut.
 
Di musim kemarau, petugas BPBD Rohul punya tugas baru, distribusikan air bersih untuk masyarakat, seperti di Kecamatan Rambah Hilir dan Kecamatan Tambusai.
 
Hanya untuk mendapatkan air bersih masyarakat rela membawa jirigen, mencari air sampai ke aliran sungai dan aliran irigasi. Langkah ini dilakukan karena mereka tak punya uang cukup membeli air.
 
 
rtc/radarriaunet.com