Alfamart dan Indomaret Sudah Buka di Ujungbatu, Pemkab Rohul Diminta Tegas

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 10:22:05 wib
Alfamart dan Indomaret Sudah Buka di Ujungbatu, Pemkab Rohul Diminta Tegas
Meski belum mengantongi izin analisis ekonomi, namun Alfamart telah membuka gerainya di Ujungbatu, Rohul. Sangat disayangkan. rtc
RADARRIAUNET.COM - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Nono Patria Pratama, mengungkapkan meski belum ada izin analisis ekonomi, namun ada dua usaha retail toko modern sudah buka di Kecamatan Ujungbatu.
 
Politisi Partai Golongan Karya ini mengatakan, dua retail toko modern yang sudah buka berada di Jalan Jenderal Sudirman, yakni Alfamart dekat Puskesmas Ujungbatu, serta toko bernama Minimarket di rumah toko bekas Dealer Toyota.
 
Diakuinya, ia juga sudah konfirmasi ke Kepala Badan Pelayanan Terpadu Perizinan dan Penanaman Modal (BPTP2M) Rohul, Ridarmanto, bahwa wacana pendirian retail toko modern baru sebatas izin rekomendasi persetujuan dari Plt Bupati Rohul H. Sukiman dan izin gangguan atau HO.
 
Nono menerangkan, sejauh ini, rencana pendirian retail toko modern belum ada rekomendasi analisis ekonomi dari Diskoperindag Rohul. Analisis ini harus disidangkan di Diskoperindag, harus ada UKL dan UPL dan harus pakai konsultan, serta ada produk izin usaha toko modern.
 
"Seharusnya kalau itu sudah keluar, baru mereka (pengusaha retail) boleh buka. Kita sayangkan, hari ini Alfamart sudah buka. Merknya jelas, namun sudah melanggar aturan," ujar Nono kepada awak media, Selasa (25/10/16).
 
"Nah kita minta ke Pemda Rokan Hulu agar bertindak tegas, karena di Ujungbatu sudah ada retail Alfamart dan Indomaret yang sudah buka berkedok retail lokal," tambahnya.
 
Nono mengakui lagi, seperti toko Minimarket di dekat Jalan Setia Budi, toko ini sudah tiga kali diberi peringatan oleh pemerintah, namun sampai belum ditindak oleh pemerintah.
 
"Mereka tidak punya izin, kita sayangkan itu. Kita minta pemerintah tegas. Indomaret itu termasuk penipuan, di belakangnya Indomaret tapi berbasiskan retail lokal, dan itu tidak mengantongi izin," jelasnya.
 
Nono juga menyayangkan di saat masyarakat Rohul yang dikenal santun, tertib, dan patuh, karena mengurus izin sebelum memulai usahanya, namun ada retail toko modern nasional sudah berani membuka usaha sebelum semua izin keluar.
 
"Kita sangat menyayangkan hal ini," pungkas anggota DPRD Rohul dari Daerah Pemilihan empat ini.
 
 
rtc/radarriaunet.com