Diikuti Musisi Luar Negeri, Panitia Bokor World Music Festival Siapkan 3 LO Lihai Berbahasa Inggris

Administrator - Rabu,26 Oktober 2016 - 10:17:05 wib
Diikuti Musisi Luar Negeri, Panitia Bokor World Music Festival Siapkan 3 LO Lihai Berbahasa Inggris
Logo Bokor World Music Festival. gor

RADARRIAUNET.COM - Mengantisipasi agar tidak terjadinya masalah saat pelaksanaan event Bokor World Music Festival 2016, panitia pelaksana telah menyiapkan segala sesuatu sejak beberapa bulan terakhir. Termasuk menyediakan Liaison Officer (LO) yang lihai berbahasa Inggris, mengingat peserta BWMF 2016 banyak berasal dari luar negeri.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana yang juga Ketua Sanggar Bathin Galan Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat, Sopandi SSos, ketika ditemui di Selatpanjang, Senin (25/10/2016).

Kata Sopandi, hingga saat ini panitia telah mendapat konfirmasi langsung dari beberapa musisi (baik perorangan maupun grup musik), untuk tampil di acara tahunan Desa Bokor Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau itu. Untuk melayan tamu yang banyak berasal dari Benua Eropa itu nantinya, diakui Sopandi lagi, panitia telah menyiapkan tiga orang LO yang lihai berbahasa Inggris.

"Untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan peserta dari luar negeri itu, kita siapkan tiga orang, khusus mereka yang bisa berbahasa Inggris," kata Sopandi.

"Kita harapkan, bagi musisi dari luar negeri yang tampil dan tidak bisa berbahasa Indonesia, tetap bisa berkomunikasi dengan lancar. Untuk menjaga mood mereka agar tetap baik selama berada di Desa Bokor, kita siapkan LO tersebut. "Kita harap mereka (musisi dari luar negeri, red) tetap terjaga mood nya selama di Bokor dan tidak mengalami kesulitan tertutama dalam berkomunikasi. Sehingga, nantinya mereka bisa nyaman dan maksimal saat tampil menghibur masyarakat Riau, Kepulauan Meranti khususnya," ungkap Sopandi juga.

Meski demikian, diakui Sopandi lagi, ada beberapa musisi dari luar negeri itu yang bisa berbahasa Indonesia. Ia secara pribadi, atas nama panitia telah berkomunikasi langsung dengan beberapa grup musik dari luar negeri ini. "Ada diantara mereka yang akan tampil itu bisa berbahasa Indonesia. Namun, kita yakin mereka akan banyak menggunakan bahasa Inggris," beber laki-laki yang akrab dipanggil Atah Pandi itu lagi.

Dalam Iven tahunan yang akan digelar tanggal 19 hingga 21 November 2016 tersebut, diikuti musisi dari Benua Eropa seperti Steev Kindwald dari Rumania, Gilles Saissi dari Prancis, dan Cwrwia dari Wales. Selain itu, kata Sopandi, ada pula grup dari Solo atas nama Darmawen. Grup ini gabungan musisi dari Wales, Mexico, Inggris, Polandia, dan Indonesia. "Ada juga dari Malaysia, Ghahmuhyi. Mereka semua sudah mengkonfirmasi kehadirannya," kata Sopandi.

Tidak hanya itu, tambah Sopandi, ada juga musisi dari nusantara seperti Grup Reggae Melayu dari Aceh yang bernama Made in Made. Kalila Project dari Sumatera Utara, Minangpantagong dari Sumatera Barat, Forum Kompang Batam dari Kepulauan Riau, dan Et Labora Poni dari Subang.

"Nanti juga ada musisi dari Riau dan Kepulauan Meranti," beber Sopandi.


gor/radarriaunet.com