Tim Gabungan Polres Inhil Masih Lakukan Pencarian Tahanan Kabur

Administrator - Selasa,25 Oktober 2016 - 12:40:50 wib
Tim Gabungan Polres Inhil Masih Lakukan Pencarian Tahanan Kabur
ilustrasi. tmp
RADARRIAUNET.COM - Kepolisian Resor Indragiri Hilir, Provinsi Riau membentuk tim gabungan guna memburu lima tahanan Kepolisian Sektor Kemuning, yang melarikan diri dengan cara memotong terali sel tahanan.
 
"Tim saat ini masih berada di lapangan untuk menyisir dan melakukan pengejaran," kata Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) AKBP Dolifar Manurung di Pekanbaru, Senin.
 
Selain melakukan pengejaran dengan penyisiran serta memaksimalkan fungsi intelijen, ia juga mengatakan telah menyebar foto para tahanan yang melarikan diri ke masyarakat.
 
Foto disebar langsung ke titik-titik keramaian serta ke media massa dengan harapan masyarakat yang melihatnya agar langsung melapor ke polisi terdekat.
 
Lima tahanan Polsek Kemuning, Inhil melarikan diri pada Minggu dinihari lalu (23/10) sekitar pukul 04.00 WIB.
 
Penyelidikan sementara, pelaku kabur dengan cara memotong terali besi tahanan menggunakan gergaji besi.
 
Dolifar mengatakan, para pelaku adalah bagian dari sindikat kasus pencurian kabel listrik. Adapun identitas pelaku yakni Supriyanto (26), Hendri Munawir (30), Riyanto (23). Ketiga pelaku merupakan warga Jambi. Sementara dua tahanan lainnya Purwanto (30) dan Adi Saputra (21), keduanya merupakan warga Jawa Tengah.
 
Lebih jauh, terkait kaburnya para tahanan itu, ia mengatakan Propam Polres Inhil terus melakukan pendalaman atas dugaan kelalaian petugas piket.
 
Ia memastikan bahwa saat kabur, para tahanan dalam keadaan dijaga petugas. Namun, diduga lalai para pelaku justru berhasil melarikan diri.
 
"Ada petugas piket yang berjaga, ini yang kita dalami. Penyebabnya pasti karena lalai," urainya.
 
Kasus tahanan kabur di Riau dalam sepekan terakhir juga terjadi di wilayah hukum Polres Kampar, tepatnya Polsek Kampar Kiri. Empat tahanan kasus narkoba dan penganiayaan itu kabur pada Kamis pekan lalu (20/10).
 
Setelah melakukan pengejaran selama empat hari, tepat Senin dinihari tadi tiga pelaku berhasil diamankan.
 
"Tiga dari empat tahanan berhasil diamankan kembali di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung dinihari tadi," kata Kepala Polres Kampar, AKBP Edy Sumardi.
 
Ketiga tersangka yang diamankan masing-masing Feri Siswanto kasus narkoba dan Rifaldo serta Aldi kasus penganiayaan.
 
Sementara, seorang tersangka lainnya yang diduga melarikan diri dengan cara menggergaji besi sel tahanan tersebut berinisial RV masih terus dikejar petugas.
 
 
ant/radarriaunet.com