Kadisdik Rohil: Kami Belum Terima Laporan Kerusakan Sekolah

Administrator - Selasa,25 Oktober 2016 - 12:30:21 wib
Kadisdik Rohil: Kami Belum Terima Laporan Kerusakan Sekolah
Kadisdik Rohil: Kami Belum Terima Laporan Kerusakan Sekolah. ant
RADARRIAUNET.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengaku belum menerima laporan terkait kerusakan bangunan SD Negeri 002 Sintong dan SMA Negeri 3 Kecamatan Tanah Putih.
 
"Kami belum menerima laporan kerusakan sekolah tersebut. Tapi kami minta sebagai tindak lanjut agar diinventarisasi dulu nanti apa yang perlu diperbaiki," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Amirudin kepada Antara di Bagansiapiapi, Senin.
 
Ia menilai, kerusakan bangunan sekolah yang hanya terjadi dibeberapa bagian plafon atau atap seharusnya tidak membutuhkan anggaran besar dan cukup ditangani oleh pihak sekolah.
 
"Kalau rusaknya hanya sekedar plafon atau atap bisa digunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai dengan kesepakatan bersama. Jangan-jangan kepala sekolahnya memang tidak peduli dan menunggu saja sehingga akhirnya lama-lama sekolahnya tambah rusak," katanya. 
 
Padahal menurut dia kondisi kerusakan yang masih kecil bisa diperbaiki atau dilakukan pengantian menggunakan dana BOS. 
 
"Jadi kami sarankan kepada semua kepala sekolah begitu ada bangunan rusak yang masih bisa ditanggulangi gunakan dana BOS, jangan menunggu rusak total baru melapor," tegas Amirudin.
 
Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan mengaku prihatin melihat dua bangunan sekolah tersebut, karena ruang belajar mengajar saat ini mengalami kerusakan parah akibat usia bangunan yang telah tua dan dikhawatirkan dapat membahayakan para siswa.
 
"Tadi saya melihat banyak plafon dan sebagian atap rusak. Kalau musim hujan air masuk ke kelas," kata Nasrudin Hasan saat melakukan peninjauan di SD Negeri 002 Sintong dan SMA Negeri 3 di Kecamatan Tanah Putih pada Minggu (23/10) kemarin.
 
Nasrudin berjanji Pemkab bersama DPRD Rohil tidak akan tinggal diam dan segera mencarikan solusi.
 
"Kondisi seperti ini tetap diprioritaskan untuk segera diperbaiki, karena siswa disini banyak sementara fasilitas tidak memadai," ucapnya.
 
Politisi Golkar Rohil itu menegaskan akan mengupayakan memasukkan anggaran ke APBD Perubahan 2016 untuk perbaikan sekolah tersebut.
 
"Kalau perubahan mungkin yang bisa diperbaiki seperti perbaikan ruangan, kursi, meja dan plafon. Tapi kalau bangun gedung baru mungkin melalui APBD murni 2017 baru bisa dilaksanakan. Nanti akan kita bangun tiga lokal dan majelis guru," kata Nasrudin Hasan kala itu. 
 
 
ant/radarriaunet.com