Pemerintah Malaka Apresiasi Perhelatan TDS 2016

Administrator - Selasa,25 Oktober 2016 - 12:14:04 wib
Pemerintah Malaka Apresiasi Perhelatan TDS 2016
Tour de Siak. ant
RADARRIAUNET.COM - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman, menyatakan Kerajaan Negeri Malaka, Malaysia, menyambut baik penyelenggaraan bersama balap sepeda "Tour de Siak" selanjutnya meliputi Provinsi Riau hingga ke negeri jiran tersebut.
 
"Kita sudah sampaikan bahwa Gubernur Riau punya niat baik agar Riau dan Malaka yang merupakan saudara serumpun Melayu untuk bisa menyelenggarakan balap sepeda Tour de Siak. Dan mereka menyambut baik usulan kita, dan ingin mempelajari detailnya lebih jauh," kata Fahmizal Usman kepada awak media di Pekanbaru, Senin.
 
Fahmizal menjelaskan "Tour de Siak" (TDS) selama empat tahun terakhir sukses menjadi agenda rutin olahraga internasional dan juga mendongkrak pariwisata Riau. Pebalap sepeda nasional dan mancanegara mengikuti lomba tersebut pada setiap penyelenggaraannya.
 
Ia mengatakan dalam kunjungannya ke Malaka pada pekan lalu disambut baik oleh Setiausaha Kerajaan Negeri Melaka YB Datuk Seri Hj. Naim Bin Abu Bakar, Pengurus Besar Tourism Malaka Puan Norena Jaafar, dan Jabatan Keuangan Negeri (Bendahari) Dato Ruslan.
 
Dalam pertemuan itu, pemerintah Malaka melihat kemungkinan bahwa penyelenggaraan TDS bisa bersamaan dengan Festival Sungai Malaka Antara Bangsa yang digelar sebulan penuh tiap tahun.
 
"Kalau bisa direalisasikan TDS di Malaka, maka ada dua agenda tahunan yang dikawinkan. Bahkan, mereka mengatakan bisa saja diadakan Hari Riau khusus pada penyelenggaraan Festival Sungai Malaka Antara Bangsa," kata Fahmizal.
 
Ia mengatakan pihak pemerintah Malaka pada akhir tahun ini atau paling lambat awal 2017, akan mengutus delegasi khusus untuk membicarakan lebih lanjut peluang penyelenggaraan TDS dengan Pemprov Riau. Karena itu, ia mengatakan seluruh pemerintah daerah di Riau juga harus bersiap dengan duduk satu meja untuk berkomitmen bersama membesarkan TDS.
 
Menurut dia, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melihat potensi TDS tidak sekadar sebuah lomba sepeda karena potensi pariwisatanya sangat besar untuk digali. Karena itu, untuk membesarkan penyelenggaraan TDS tidak cukup melibatkan Pemkab Siak saja.
 
"Untuk membesarkan TDS tidak bisa hanya kerja Pemkab Siak, melainkan perlu koordinasi semua pemerintah daerah, apalagi jika ingin memperluas etape lomba hingga ke Malaka," katanya.
 
Wacana memperbesar TDS, lanjutnya, nantinya akan menambah etape tidak hanya di Kabupaten Siak. Etape lomba akan dimulai di Siak, lalu melewati Kabupaten Bengkalis dan menyeberang ke Malaka.
 
Kemudian, jalur etape selanjutnya masuk kembali melalui Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan kembali lagi ke Siak.
 
"Kita harus berkoordinasi internal di Provinsi Riau dahulu karena ini bukan kerja kecil," ucapnya.
 
 
ant/radarriaunet.com