Etape Terakhir Tour de Siak, Pebalap Indonesia Juara Satu, Dua dan Tiga

Administrator - Senin,24 Oktober 2016 - 11:47:42 wib
Etape Terakhir Tour de Siak, Pebalap Indonesia Juara Satu, Dua dan Tiga
Usai menyerahkan hadiah, Bupati Siak H Syamsuar foto bersama dengan para pemenang. grc
RADARRIAUNET.COM - Perjuangan pantang menyerah yang dipertontonkan puluhan pebalap Indonesia akhirnya membuahkan hasil. Di etape keempat (terakhir) iven tahunan Tour de Siak 2016, pebalap Arfin Firlandi dari PGN Road Cycling Team Jakarta Selatan berhasil keluar sebagai juara pertama. Bahkan posisi kedua dan ketiga juga diraih pebalap Indonesia lainnya, yakni Zerry Riyadi dari BSP Siak dan Nur Arif Prayogo dari tim Dealton BRC Banyuwangi.
 
Etape keempat Tour de Siak 2016 dengan rute Siak City Race, jarak tempuh sekitar 92 kilometer dimulai sekitar pukul 10.00 WIB pagi, Sabtu (22/10/2016). Semua pebalap mengelilingi Kota Siak Sri Indrapura dan berakhir di Jalan Raja Kecik, depan RSUD Tengku Rafi'an Siak.
 
Meski tiga etape sebelumnya selalu dikuasai pebalap dari Vietnam, namun sejak start dimulai, sejumlah pebalap Indonesi mulai berjuang untuk menyaingi pebalap-pebalap dari luar negeri.
 
Perjuangan tak pernah menyerah itupun membuahkan hasil. Menjelang dua kilometer garis finish, puluhan pebalap adu kecepatan untuk meraih yang terbaik.
 
Arfin menyentuh garis finish pertama dengan catatan waktu 1 jam 55 menit 7 detik diikuti Zerry dan Nur Arif.
 
Arfin mengatakan, 40 kilometer mejelang finish, dirinya terus berupaya mendekati Zerry dan Nur Arif untuk melapaskan diri dari rombongan besar. Hingga tidak memikirkan point spring lagi, karena tujuannya adalah sampai digaris finish pertama.
 
"Saya ditugaskan pada etape pertama, kedua dan tiga, untuk mengamankan kaos hijau Aiman Cahyadi satu team saya. Stage 1, stage 2 dan 3, saya rasa tidak ada kesulitan. Target saya ke depan untuk mengikuti GI Ekspo Kemayoran seminggu lagi," terang Arifin kepada awak media, usai menerima hadiah.
 
"Terimakasih untuk BSP Siak, karena telah bersedia menyertakan saya di Tour de Siak ini. Saya merasa senang untuk hari ini, dari awal saya cukup bermain bebas saja. Cuma dari awal belum bisa ngapai-ngapain, hari terakhir ini baru bisa unggul dari yang lain," beber Zerry, yang meraih posisi dua.
 
Nur Arif juga mengaku puas dengan hasil yang diraihnya. Dia menyampaikan terima kasih kepada tim karena diberi kesempatan turun di Tour de Siak 2016. Meski dirinya dan tim BRCC baru kali pertama ikut Tour de Siak, namun dia puas dan senang berada di Siak.
 
"Di etape 1 dan 2 saya hanya di rombongan besar saja menyimpan tenaga, untuk mempersiapkan diri di etape 3 dan 4. Akhirnya kita diskusi dengan team untuk berzikgue hari ini, hingga meraih juara tiga," kata Nur.
 
Usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengaku puas dengan daya juang yang diperlihatkan pebalap-pebalap Indonesia, khususnya Zeery pebalap tuan rumah BSP Siak.
 
"Mereka sangat luar biasa, semangatnya tak surut, meski di etape sebelumnya selalu dikuasai pebalap dari luar negeri. Tapi etape terakhir ini, semua pebalap Indonesia berhasil naik podium, ini sangat membanggakan kita, apalagi ada pebalap dari BSP Siak," ujar Syamsuar.
 
 
grc/radarriaunet.com