Michelin Bela Diri Terkait Alokasi Ban di MotoGP Australia

Administrator - Sabtu,22 Oktober 2016 - 14:34:53 wib
Michelin Bela Diri Terkait Alokasi Ban di MotoGP Australia
Pabrikan ban asal Perancis, Michelin, menjadi penyuplai tunggal untuk ban-ban MotoGP musim ini. cnn

RADARRIAUNET.COM - Lagi-lagi pabrikan ban asal Perancis, Michelin, yang menjadi penyuplai ban tunggal ajang kompetisi MotoGP mendapatkan kritik. Kali ini kritik itu ditujukan pada alokasi ban basah yang disediakan Michelin untuk grand prix Austaralia di Philip Island pada akhir pekan ini.

Michelin pun membela diri. Direktur Teknik Michelin Nicolas Goubert menjelaskan alasan pihaknya terkait alokasi ban untuk GP Australia. Dia pun menjelaskan alasan menambah ban depan basah ekstra soft untuk kondisi tertentu seperti yang dialami pada sesi latihan bebas Jumat (21/10) lalu.

“Super soft itu lebih mencengkram dibandingkan yang normal. Anda akan suka untuk cuaca yang lebih dingin di pagi hari seperti yang kami lakukan di trek basah. Kami membawa tiga atau empat ban basah. Satu di antaranya yang lebiht. Normalnya mereka tahu mereka tak akan menggunakan ini dalam balap, pastinya. Namun mereka bisa menggunakannya di awal sesi karena itu memberi anda lebih banyak perasaan,” kata Goubert seperti dikutip dari Crash.

Tak hanya itu, Goubert pun mewanti-wanti kepada para pebalap agar tak menggunakan ban tersebut lebih dari 10 putaran.

Pebalap veteran Valentino Rossi adalah salah satu yang menggunakan ban ekstra soft tersebut pada sesi pagi di latihan bebas pagi hari Jumat. Dan, Rossi merasa menjadi korban dari peringatan Michelin karena salah peritungan dari jumlah putaran yang ia lewati.

Sementara itu, pebalap veteran lainnya, Cal Crutchlow mengatakan Michelin membuang-buang waktu pebalap dengan alokasi ban ekstra soft tersebut.

“Saya bahkan tak tahu mengapa mereka membawa itu,” kata pebalap asal Inggris yang berkompetisi untuk tim LCR Honda tersebut seperti dikutip dari Motor Sport.

“Siapa yang datang ke sirkuit dengan sebuah ban dan mengatakan, ‘Anda hanya boleh membalap delapan putaran’?”

Bagi Crutchlow---yang menjadi tercepat kedua dalam sesi kualifikasi GP Australia hari ini--Michelin membawa alokasi ban depan basah ekstra lembut telah membuat situasi yang aneh saat akhir hari sesi latihan bebas, sehari sebelumnya.

“Saya hanya tak mengerti kalan pikiran mereka dengan membawa ban yang hanya mereka izinkan sebanyak delapan lap,” kata dia.

Hal itu pun dibantah Goubert secara terpisah. Goubert mengatakan ban itu bisa dipakai para pebalap di sepuluh lap pertama pada pagi hari. Namun, lanjutnya, ia memang tak menyarankan ban dipakai saat balapan.

“Setelah itu tergantung pebalap demi pebalap. Beberapa dari mereka tak masalah menggunakan sesuatu yang berbeda. Yang lainnya, seperti Cal, menilai ada masalah,” ujar Goubert.


cnn/radarriaunet.com