Peduli dengan Lingkungan, Wakil Rektor UGM Apresiasi PT RAPP

Administrator - Sabtu,22 Oktober 2016 - 10:44:16 wib
Peduli dengan Lingkungan, Wakil Rektor UGM Apresiasi PT RAPP
Rombongan akademisi dari UGM berkunjung ke PT RAPP. Rektor UGM mengapresiasi PT RAPP sebagai perusahaan yang peduli lingkungan. rtc

RADARRIAUNET.COM - Rombongan akademisi Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) mengunjungi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) pada Jumat (21/10). Rombongan ini terdiri dari Wakil Rektor Dr Paripurna Sugarda SH LLM, Dosen Fakultas Pertanian Prof Dr Ir Azwar Mas, M.Sc dan Joko Sujono PhD yang berasal dari Fakultas Teknil Sipil. Kedatangan mereka ini disambut hangat oleh Managing Director APRIL Grup, Tony Wenas.

Dalam kesempatan ini, Paripurna apresiasi dengan perusahaan yang komit terhadap lingkungan seperti RAPP karena kebijakan 1 banding 1, yaitu mengganti lahan seluas 1 hektar Hutan Tanaman Industri (HTI) dengan 1 hektar lahan yang dikonservasi. Menurutnya hal tersebut patut dicontoh oleh perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.

“Pelestarian lingkungan adalah kunci sukses dari proses produksi pulp dan kertas. Kami juga mendengar perusahaan juga mengekspor pulp ke beberapa negara. RAPP juga dapat menghasilkan listrik bukan hanya untuk daerah operasional tetapi juga digunakan untuk masyarakat. Hal ini bukti kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

Saat berkunjung ke RAPP rombongan berkesempatan untuk berkunjung ke RGE Technology Center (RTC) untuk mendapatkan penjelasan mengenai proses produksi kertas RAPP. Selain itu, rombongan juga berkesempatan melihat proses pembibitan tanaman akasia sebagai bahan baku kertas produk Paper One di Kerinci Central Nursery (KCN).

Sementara itu, Tony menyambut baik dengan kedatangan dari para dosen UGM. Ini bukti bahwa perusahaan terbuka untuk siapa saja, baik itu pemerintah, akademisi maupun masyarakat. Ia mengatakan dengan kunjungan ini perusahaan dapat saling berbagi pengalaman mengenai best practice dan tantangan dalam mengelola industri kehutanan.

“Kunjungan ini adalah salah satu kunjungan dari kalangan akademisi yang kami terima. Kami berharap para akademisi memberikan masukan untuk kemajuan perusahaan ke depannya, supaya RAPP dapat terus berkembang bersama masyarakat,” ujar Tony.

Sehari sebelumnya, para dosen Fakultas Pertanian UGM telah dahulu mengunjungi RAPP untuk mengetahui bagaimana RAPP memproduksi kertas ramah lingkungan. Selain itu, mereka juga mengunjungi Rumah Batik Andalan binaan Community Development RAPP.


rtc/radarriaunet.com