Ini Beberapa Masalah di Kepulauan Meranti yang Berpotensi Ganggu Kamtibmas

Administrator - Rabu,19 Oktober 2016 - 14:18:52 wib
Ini Beberapa Masalah di Kepulauan Meranti yang Berpotensi Ganggu Kamtibmas
Saat berlangsungnya rapat Pemda dengan Kominda Kepulauan Meranti, Selasa (18/10/2016). gor

RADARRIAUNET.COM - Beberapa permasalahan di Kepulauan Meranti yang rawan menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dipaparkan dalam rapat Pemda dengan Komunitas Inteligen Daerah (Kominda).

Pertemuan yang difasilitasi oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat itu dihadiri pimpinan instansi vertikal, maupun perorangan yang masuk dalam komunitas Kominda. Seperti, Intel Kepolisian Polres Meranti, pihak Imigrasi, Danposal, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), Kejaksaan Negeri, serta TNI.

Dalam pertemuan itu dipaparkan berbagai informasi terkini yang berpotensi menimbulkan kerawanan Kamtimbas.

Diantaranya, pentingnya pengadaan pelabuhan resmi bongkar muat barang untuk memudahkan pihak Bea Cukai dalam mengawasi peredaran keluar masuknya barang ke Meranti. Pendataan orang asing oleh pihak Imigrasi, pengawasan lalu lintas kapal diperairan Meranti dalam rangka memberantas peredaran narkoba oleh Danposal, serta pengawasan penggunaan bahan peledak oleh perusahaan yang beroperasi di Meranti oleh pihak TNI dan Polri termasuk juga keberadaan organisasi 'radikal' yang mulai marak.

Menanggapi beberapa permasalahan yang dipaparkan itu, Plt Sekda Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MSi didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Alizar SSos mengatakan bahwa semua isu strategis yang berkembang dimasyarakat itu akan ditampung dan dilaporkan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti. Yulian Norwis mengatakan bahwa semua masukan ini akan disikapi dengan serius.

"Karena menyangkut kondusifitas daerah, dan perlu kebijakan, kita akan serahkan kepada pimpinan," kata Yulian Norwis.

Kedepan laki-laki yang akrab dipanggil Icut ini berharap koordinasi yang baik antar anggota Kominda saat ini terus terjaga dan ditingkatkan lagi. Sehingga, melalui komunikasi intens tersebut, segala informasi dapat diketahui dengan cepat dan dapat ditindak lanjuti dengan langkah yang cepat pula.

"Yang kita inginkan semua isu yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial dapat diketahui dengan cepat sehingga kita dapat dengan cepat mengantisipasinya," kata Icut lagi.

Hadir dalam rapat Komida, Selasa (18/10/2016) itu Kakan Kesbangpolinmas Meranti Ahmad Yani SPi MM, Kepala DJBC Widyo S, Perwakilan Danposal Adi Supriadi, Kasi Pengawasan Imigrasi Hidayat, Kasat Intel Polres Meranti AKP Purnomo, Kepala Bagian Humas Sekdakab Meranti Helfandi SE MSi, Kabag Tata Pemerintahan Ery Suhairi SSos, Kabag Ekonomi Agusyanto SSos MSi dan lainnya.


gor/fn/radarriaunet.com