CEO Apple Remehkan Teknologi Virtual Reality

Administrator - Rabu,19 Oktober 2016 - 13:15:34 wib
CEO Apple Remehkan Teknologi Virtual Reality
CEO Apple Remehkan Teknologi Virtual Reality. dtc

RADARRIAUNET.COM - Di saat perusahaan teknologi semacam Microsoft, Google sampai Samsung giat mengembangkan teknologi virtual reality, Apple terkesan adem ayem. iPhone 7 pun tak mendukung teknologi VR. Apa kata CEO Apple, Tim Cook?

Dalam wawancara dengan BuzzFeed, Cook berkilah bahwa dia lebih tertarik dengan teknologi Augmented Reality atau AR dibandingkan VR. Alasannya karena AR bisa meningkatkan pengalaman manusia di keseharian.

"Kontak manusia itu tidak ada gantinya. Jadi Anda menginginkan teknologi untuk meningkatkannya," kata Cook yang dikutip awak media dari CNBC, Senin (17/10/2016).

Pada intinya, Cook menilai kalau teknologi AR justru membatasi manusia dari dunia nyata. Sedangkan VR tidak seperti itu, melainkan membuat apa yang dialami manusia di dunia sungguhan jadi lebih baik. Sebut saja contohnya permainan Pokemon Go.

"Sedikit orang yang akan menerima dibatasi oleh sesuatu, karena kita semua adalah makhluk sosial. Bahkan orang introvert pun makhluk sosial, kita suka bertemu dan berinteraksi dengan orang lain," demikian argumen Cook yang menyindir teknologi VR.

Menggunakan headset VR, orang memang hanya perlu duduk di ruangan untuk menjelajah dunia virtual. Namun di sisi lain, Cook belum menjelaskan implementasi teknologi VR seperti apa yang akan dilakukan Apple.

"Augmented reality memang akan butuh waktu untuk membuatnya dengan benar. Tapi akan menjadi sesuatu yang besar. Lihat saja sukses Pokemon Go," pungkas Cook.


dtc/fn/radarriaunet.com