Jelang Akreditasi, Tim dari Mahkamah Agung akan Audit PN Rengat Inhu

Administrator - Rabu,19 Oktober 2016 - 12:47:27 wib
Jelang Akreditasi, Tim dari Mahkamah Agung akan Audit PN Rengat Inhu
Ketua PN Rengat Moh Sutarwadi. grc
RADARRIAUNET.COM - PN (Pengadilan Negeri) Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang keluar sebagai percontohan pengadilan negeri kelas II terbaik tingkat nasional, mewakili Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, akan menjalani audit tahap akhir oleh tim akreditasi dari MA (Mahkamah Agung).
 
Sesuai jadwal, tim yang akan tiba di PN Rengat pada, Rabu (19/10/2016) pagi. Tim akan melakukan audit selama dua hari, yakni hingga, Kamis (20/10/2016).
 
"Audit ini merupakan penilaian lanjutan dari audit sebelumnya yang telah dilakukan oleh tim dari PT (Pengadilan Tinggi) Riau pada, Rabu (5/10/2016) awal bulan kemaren," ujar Ketua PN Rengat Moh Sutarwadi melalui Humas PN Wiwin Sulistya, kepada awak media, Selasa (18/10/2016).
 
Disebutkan Wiwin, audit atau penilaian yang akan dilakukan tim dari MA itu merupakan penilaian tahap akhir. Hal yang akan diaudit yaitu, terkait pelayanan peradilan, baik itu pelayanan utama (kepaniteraan) maupun layanan pendukung (kesekretariatan).
 
Tidak itu saja, tim juga akan menilai terkait fasilatas dan kinerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Baik dalam pelayanan penanganan perkara perdata maupun pidana. "Apakah pelayanan yang diberikan sederhana, murah, akuntabel, responsif, dan transparan," terangnya.
 
Dengan demikian sambung Wiwin, saat ini pihaknya telah siap untuk diaudit. Karena, dengan audit tersebut, pihaknya akan mengetahui terkait hal-hal yang merupakan menjadi kekurangan mereka. "Kami siap untuk diaudit, semoga akreditasi yang kita harapkan dapat tercapai," terangnya.
 
Untuk diketahui terangnya, dalam menangani perkara di PN Rengat, pihaknya telah menerapkan sistem IT. Sistem itu meliputi sistem antrian persidangan, sistem peradilan anak dan penanganan perkara secara cepat, tepat dan akuntabel.
 
"Dengan adanya penerapan sistim IT ini, seluruh informasi yang ada di PN Rengat dapat diakses oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," pungkas Wiwin menerangkan.
 
 
grc/radarriaunet.com