Kelapa dan Beras, Komoditas Ungggulan Kuala Kampar Akan Dikembangkan di Pangkalan Kerinci

Administrator - Rabu,19 Oktober 2016 - 09:47:26 wib
Kelapa dan Beras, Komoditas Ungggulan Kuala Kampar Akan Dikembangkan di Pangkalan Kerinci
Pengukuhan Ikatan Keluarga Penyalai Sekitarnya (IKAPENS) Pangkalan Kerinci bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Minggu (16/10/2016). gor

RADARRIAUNET.COM - Ikatan Keluarga Penyalai Sekitarnya (IKAPENS) Pangkalan Kerinci resmi dikukuhkan oleh Bupati Pelalawan diwakili Asisten I, Drs Zuhelmi bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Minggu (16/10/2016).

Ketua IKAPENS Pangkalan Kerinci, H Sofian Darman meyampaikan sejarah singkat berdirinya IKAPENS yang merupakan organisasi kemasyarakatan dan sebagai sarana silaturahmi.

Menurutnya, selama berdiri IKAPENS telah dinahkodai oleh tiga ketua. Pertama adalah Abdul Thalib, kedua H Amiruddin Muslim dan saat ini adalah H Sofian Darman. "Kedepan, IKAPENS Pangkalan Kerinci akan mengembangkan sumber daya alam yang ada di penyalai untuk dikembangkan di Pangkalan Kerinci, diantaranya beras, kelapa dan komoditas lainnya," sebut Sofian Darman.

Untuk awalnya, diharapkan warga penyalai yang berada di Pangkalan Kerinci dapat memanfaatkan sumber daya alam Penyalai. "Sehingga, nantinya diharapkan dapat berkembang dengan pesat di Pangkalan Kerinci khusunya," ujar Sofian Darman.

Camat Kuala Kampar, T Syafril menyampaikan dukungannya atas dikukuhkannya pengurus IKAPENS Pangkalan Kerinci masa bhakti 2016-2019. "Dengan kepengurusan baru, semoga dapat membawa IKAPENS lebih maju khususnya di Kabupaten Pelalawan," harapnya.

Pada kesemepatan itu, T Syafril juga menyampaikan berbagai prestasi yang diraih Kecamatan Kuala Kampar, serta geliat pembangunan yang sedang dilaksanakan saat ini.

Bupati Pelalawan yang diwakili oleh Asisten I Drs Zuhelmi mengatakan bahwa Kuala Kampar merupakan daerah yang indah yang ada di Kabupaten Pelalawan. Zuhelmi yakin, Kuala Kampar akan mengalami kemajuan yang signifikan. "Kedepan, pak Bupati akan membuat Sokoi sebagai pelabuhan internasional," sebut Zuhelmi.

Apalagi lanjut Asisten I, dengan adanya Bono Kuala Kampar akan menjadikan daerah yang sangat maju. Apalagi hasil sumber daya alam diantaranya beras Kuala Kampar memiliki potensi yang sangat besar.

"Untuk memasarkan hasil pertanian tersebut sebagaimana yang dicita-citakan IKAPENS, Pemkab akan membangun rel kereta api, sehingga hasil sumber daya alam Kuala Kampar bisa di pasarkan ke Pangkalan Kerinci," bebernya.

Terlihat hadir Wakil Ketua DPRD , Suprianto SP, Anggota DPRD asal Kuaka Kampar Said Mashudi, Ketua Pangguyuban Kabupaten Pelalawan HT Nahar, Ketua IKPS Batam Sarwono, Pengurus IKAPENS Pekanbaru Kazzaini Ks serta tokoh masyarakat Penyalai dan Pangkalan Kerinci.


gor/fn/radarriaunet.com