Kementerian Kelautan dan Perikanan Monitoring Instalasi Pengolahan Air Bersih di Desa Pesisir Inhil

Administrator - Senin,17 Oktober 2016 - 09:47:14 wib
Kementerian Kelautan dan Perikanan Monitoring Instalasi Pengolahan Air Bersih di Desa Pesisir Inhil
Kementerian Kelautan dan Perikanan Monitoring Instalasi Pengolahan Air Bersih di Desa Pesisir Inhil. rtc
RADARRIAUNET.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Kelautan dan Perikanan meminta pihak desa dapat menjaga dan memanfaatkan dengan baik peralatan instalasi pengolahan air bersih siap minum bantuan pemerintah pusat. 
 
Harapan ini disampaikan Bupati Inhil H Muhammad Wardan melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H Mukhtar T, MH saat mendampingi tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan peninjauan dan monitoring kawasan pesisir dan pulau terluar di Kabupaten Indragiri Hilir, kemarin. 
 
Rombongan Kementerian KKP yang terdiri dari Syofya Hazan, Kasubdit Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil/ Terluar, Roki Asriwianto, Staf Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil dan Marselius Talahatu, Staf Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil. 
 
Ikut mendampingi rombongan ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Inhil H Mukthar T dan Kepala Bidang Kelautan dan Pesisir H Lukman Hakim serta staf. 
 
Syofya Hazan, Kasubdit Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Terluar menyatakan, potensi sumber daya alam terutama Mangrove di daerah pesisir ini sangat menjanjikan dan perlu dibenahi. 
 
"Namun infrastruktur dasar di kawasan ini masih minim, terutama listrik dan air bersih. Untuk mewujudkan masyarakat sehat, maka diperlukan sumber air bersih yang layak," katanya. 
 
Maka, pemerintah telah membangun instalasi pengolahan air bersih, bahkan siap minum. Pengolahan air bersih ini harus dikelola dengan baik hingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di pesisir ini. 
 
"Kami harapkan Pemerintah Daerah dapat melakukan monitoring terhadap keberadaan pengolahan air bersih ini, sehingga dapat bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka lama," sebutnya. 
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Inhil H Mukhtar T mengharapkan, pemerintah desa benar-benar memberdayakan pengolahan air bersih ini dengan baik. 
 
"Marilah sama-sama menjaga pengolahan air bersih ini dan dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat," harapnya. 
 
Di Kabupaten Inhil, ada lima desa yang mendapatkan bantuan instalasi pengolahan air bersih dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yakni Desa Kuala Selat (Kateman), Desa Pulau Ruku (Reteh), Desa Tanah Merah (Tanah Merah), Desa Concong (Concong), Desa Bekawan, Desa Igal (Mandah) dan Desa Sei Buluh (Kuala Indragiri). 
 
Namun di beberapa desa tersebut, ada peralatan instalasi pengolahan air bersih yang tidak berfungsi maksimal dan ada yang sudah tidak berfungsi, maka diperbaiki oleh teknisi dari Pekanbaru.
 
 
rtc/radarriaunet.com